Anggota DPR Minta Realokasi APBN untuk Penanganan Corona Disegerakan

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 16:17 WIB
Pembangunan gedung baru untuk DPR RI menuai kritikan berbagai pihak walaupun Ketua DPR Setya Novanto menyebut Presiden Jokowi telah setuju pembangunan tersebut. Tetapi Presiden Jokowi belum teken Perpres tentang pembangunan Gedung DPR. Lamhot Aritonang/detikcom.
Gedung MPR/DPR (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta -

Anggota DPR dari Fraksi Demokrat Herman Khaeron meminta realokasi APBN untuk penanganan virus Corona (COVID-19) di Indonesia disegerakan. Herman memastikan Fraksi Demokrat mendukung kebijakan realokasi anggaran tersebut.

"Kebijakan Fraksi Demokrat dan rekomendasinya bahwa kami mendukung untuk melakukan perubahan APBN agar ada sesegera mungkin realokasi anggaran yang kita fokuskan untuk menangani virus Corona ini," ujar Herman saat menyampaikan interupsi dalam sidang paripurna DPR, di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (30/3/2020).

Anggota Fraksi PKS, Anshory Siregar punya pendapat serupa. Fraksi PKS, sebut dia, mendukung realokasi anggaran untuk kebutuhan masyarakat luas.

"Fraksi PKS dan fraksi-fraksi lain insyaallah akan siap mendukung realokasi anggaran yang lebih berpihak kepada masyarakat banyak, khususnya untuk penanganan wabah ini," kata Anshory.

Sementara itu, sejumlah anggota DPR mengusulkan untuk menyumbangkan sebagian gaji mereka untuk penanganan Corona. Anggota DPR dari Fraksi Partai Golkar, Nurul Arifin, meminta DPR punya solidaritas dalam menangani wabah Corona.

"Dan kami secara pribadi saya ingin mengetuk rekan-rekan semua bagaimana seandainya kita bersama-sama dalam situasi sulit ini memberikan gaji kita paling tidak setengahnya untuk membantu saudara-saudara kita yang sedang mengalami kesulitan di masa-masa yang prihatin ini," ucap Nurul.

Selanjutnya
Halaman
1 2