Ini Suara Gubernur Anies, RK, hingga Edy soal Karantina Wilayah

Tim detikcom - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 11:58 WIB
ilustrasi corona
Foto: ilustrasi corona
Jakarta -

Wabah virus Corona (COVID-19) di Indonesia semakin gawat. Sejumlah gubernur terus melakukan pencegahan, termasuk menggodok kemungkinan penerapan karantina wilayah.

Terbaru, Tenaga Ahli Utama Kantor Staf Presiden (KSP) Donny Gahral Adian mengatakan pemerintah akan melakukan rapat untuk membahas peraturan pemerintah (PP) untuk melakukan karantina wilayah terkait pandemi virus Corona di RI.


Dia menyebut pembahasan PP tidak secara khusus untuk wilayah Jakarta. Rapat dijadwalkan digelar hari ini, Senin 30 Maret 2020.

"Bukan opsi (karantina) tapi lebih pada pembahasan peraturan pemerintah akan mengatur karantina wilayah, bukan hanya Jakarta. Jadi tak bisa seorang kepala daerah tiba-tiba mengkarantina wilayahnya tanpa mekanisme yang diatur peraturan pemerintah," kata Donny, pada Minggu (29/3/2020).


Karantina Wilayah adalah istilah yang digunakan dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan. Penjelasan dan syarat dilakukan karantina tersebut kemudian diatur dalam beberapa pasal di dalamnya.

Mengenai kemungkinan penerapan karantina wilayah, sejumlah gubernur telah angkat bicara.

Berikut pendapat para gubernur soal kemungkinan penerapan karantina wilayah:

Jawaban Anies soal Apakah DKI Akan Lakukan Karantina Wilayah: