Kasus Corona di Sumbar Terus Meningkat, Pemprov Imbau Perantau Tak Mudik

Sulthan Jeka Kampai - detikNews
Senin, 30 Mar 2020 00:55 WIB
Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno (Jeka Kampai/detikcom)
Foto: Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno (Jeka Kampai/detikcom)
Jakarta -

Kasus virus Corona (COVID-19) di Sumatera Barat terus meningkat. Hingga kini sudah delapan orang dinyatakan positif Corona, 1.552 Orang Dalam Pemantauan (ODP) dan 28 orang menjadi Pasien Dalam Pengawasan (PDP) di berbagai rumah sakit.

"Hingga hari ini jumlah pasien positif Covid-19 berjumlah 8 orang, tambahan satu orang, pasien dari (Rumah Sakit) M Djamil Padang," kata Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno dalam press conference online bersama wartawan, Minggu (29/3/2020).

Dia mengatakan delapan warga yang positif tersebut merupakan empat orang dari Kota Padang, dua dari Kota Bukittinggi, dan masing-masing satu orang dari Pesisir Selatan dan Kabupaten Tanah Datar. Irwan mengaku pihaknya sedang membahas berbagai opsi dengan pihak, salah satu yang menjadi bahasan adalah tentang desakan pembatasan wilayah.

"Semuanya sedang kita bahas. Lagi dirumuskan, nanti mungkin akan disampaikan oleh Pak Wagub (Wakil Gubernur) hal-hal yang terkait dengan pembatasan," katanya.

Hal lain yang menjadi fokus adalah bagaimana mencegah para perantau Minang di seluruh daerah agar ditahan untuk tidak pulang kampung. Terutama, kata dia, para perantau dari daerah pusat penyebaran virus Corona.

"Kita sudah minta, kita himbau agar para perantau tak usah pulang, karena pasti akan menjalani pemeriksaan yang sangat berat di perbatasan. Selain itu, ini juga bisa membahayakan kesehatan semua pihak," katanya.

Selanjutnya
Halaman
1 2