Pemerintah RI Rencanakan Gelar Drive-thru Tes Corona ala Korea

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 18 Mar 2020 22:23 WIB
Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Achmad Yurianto yang juga juru bicara pemerintah untuk penanganan virus Corona memberikan keterangan pers di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (6/3/2020). Dalam keterangan persnya Achmad Yurianto menyampaikan sebanyak empat orang dinyatakan suspect virus Corona karena telah melakukan kontak langsung dengan warga Depok yang positif sebelumnya dan mengalami gejala-gejala awal seperti Influenza yang kini tengah diobservasi dan menunggu hasil pasti dari pemeriksan laboratorium. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A/wsj.
Jubir Pemerintah untuk Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto (Hafidz Mubarak A/Antara Foto)
Jakarta -

Pakar epidemi, dokter, hingga anggota Dewan menyerukan tes virus Corona secara masif dilakukan di Indonesia. Korea Selatan jadi rujukan. Pemerintah menyatakan sudah punya rencana menggelar drive-thru tes Corona ala Korea Selatan di Indonesia.

"Sudah beberapa hari ini kita bicarakan mengenai hal tersebut," kata juru bicara Penanganan COVID-19, Achmad Yurianto, kepada detikcom, Rabu (18/3/2020).

Dengan adanya drive-thru tes Corona, warga bakal lebih mudah menjangkau tes tersebut. Korea bisa melakukan tes tersebut dengan ketersediaan test kit yang mereka produksi sendiri. Lalu bagaimana dengan test kit yang akan dipakai drive-thru tes Corona di Indonesia nanti? Yuri mengatakan test kit-nya juga berasal dari Korea.

"Kita sudah merencanakan dan membicarakan sekarang, karena kit-nya harus didatangkan dari Korea," kata Yuri.

Belum ada keterangan lebih rinci. Namun pemerintah memastikan ini bukan wacana.

"Secepatnya pasti, sebanyak mungkin," kata Yuri.

Selanjutnya
Halaman
1 2