Komisi III DPR Minta Kapolri Klarifikasi Terbuka soal TKA China di Sultra

Mochamad Zhacky - detikNews
Selasa, 17 Mar 2020 18:46 WIB
TKA China
Ilustrasi TKA China (Mindra Purnomo/Infografis)
Jakarta -

Kapolda Sulawesi Tenggara (Sultra) Brigjen Merdisyam meminta maaf atas perbedaan informasi perihal 49 TKA China di Bandara Haluoleo, Kendari. Komisi III DPR RI meminta Kapolri Jenderal Idham Azis menyampaikan klarifikasi secara terbuka soal perbedaan data tersebut.

"Menanggapi adanya perbedaan data tersebut, maka Komisi III DPR RI meminta kepada Kapolri untuk memberikan penjelasan atau klarifikasi secara terbuka dan komprehensif mengenai permasalahan tersebut," kata anggota Komisi III Supriansah di kompleks MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (17/3/2020).

Komisi III, sebut Supriansa, mengingatkan pihak Kepolisian menjunjung prinsip kehati-hatian dalam memberikan informasi. Menurut anggota Fraksi Partai Golkar itu, prinsip kehati-hatian sangat penting. Indonesia diketahui saat ini sedang dilanda wabah virus Corona (COVID-19), yang pertama kali menyebar di China.

"Kepada Kapolri dan jajarannya untuk melakukan tugas pokok dan fungsinya secara akuntabel dan transparan, dan berdasarkan prinsip kehati-hatian sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Hal ini penting untuk menghindari perdebatan dan tidak menimbulkan keresahan atau kegaduhan di tengah-tengah masyarakat," papar Supriansa.