ADVERTISEMENT

Round-Up

Buntut Panjang Penyerangan AEON JGC Cakung

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 07:33 WIB
6 dari 8 Tersangka Penyerangan AEON Mall Jakarta Garden City Bertatus Anak
Foto: Polisi menetapkan 8 orang tersangka terkait penyerangan AEON Mall Jakarta Garden City (Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Lebih lanjut, Arie Ardiyan menyampaikan motif penyerangan para warga adalah aksi spontanitas. Adapun, massa yang menyerang mal tersebut merupakan warga Kampung Rorotan, Kampung Kayu Tinggi dan Kampung Tambun Rengas.

Warga menyerang AEON Mall Jakarta Garden City lantaran merasa kesal karena permukimannya terendam banjir. Warga menuding air dari waduk di Jakarta Garden City yang mengakibatkan banjir di permukiman warga.

"Terkait dengan kemarin, di mana ada beberapa warga dari beberapa RW datang ke management JGC, mereka di sana mengadukan terkait pengelolaan air yang ditampung di waduk JGC. Di mana mereka menganggap pengelolaan tidak optimal, sehingga ketika air di waduk JGC meluap--kita tahu kemarin juga ditambah curah hujan tinggi--mereka beranggapan bahwa air mengakibatkan banjir di beberapa RW di sekitar JGC," jelas Arie.

Terkai permasalahan tersebut, Arie mengatakan sudah ada solusi. Pihak AEON Mall Jakarta Garden City sepakat membuat sodetan untuk mengalirkan air dari waduk ke Banjir Kanal Timur (BKT).

"Kemarin ada action langsung dari pemerintah kota dan juga dari JGC, udah didatangkan alat berat untuk meminimalisir, mengalirkan volume debit air yang ada di waduk JGC," tutur Arie.

Warga yang kesal kemudian melakukan perusakan di mal tersebut. Akibat kejadian ini, pos sekuriti, pos parkir dan kaca-kaca tenant di mal tersebut hancur dirusak masa. Saat ini polisi masih mengembangkan kasus tersebut.


(mei/mei)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT