ADVERTISEMENT

Round-Up

Buntut Panjang Penyerangan AEON JGC Cakung

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 27 Feb 2020 07:33 WIB
6 dari 8 Tersangka Penyerangan AEON Mall Jakarta Garden City Bertatus Anak
Foto: Polisi menetapkan 8 orang tersangka terkait penyerangan AEON Mall Jakarta Garden City (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Jakarta -

Insiden penyerangan AEON Mall Jakarta Garden City (JGC) Cakung, Jakarta Timur, berbuntut panjang. Pasca kejadian itu, polisi menangkap puluhan orang dan 8 orang di antaranya ditetapkan sebagai tersangka.

"Kami melakukan investigasi, upaya-upaya penyelidikan oleh tim terpadu Polres Jaktim, sehingga berhasil diamankan 23 orang. Dibawa ke Polres Jaktim dan dilakukan pemeriksaan dan ditetapkan 8 orang sebagai tersangka," kata Direktur Reskrimum Polda Metro Jaya Kombes Suyudi Ario Seto kepada wartawan di Polres Jaktim, Matraman, Jakarta Timur, Rabu (26/2/2020).

Kedelapan tersangka itu dijerat dengan Pasl 170 KUHP jo Pasal 160 KUHP dan atau Pasal 460 KUHP tentang pengeroyokan secara bersama-sama terhadap barang atau orang. Para pelaku terancam 5 tahun penjara akibat perbuatannya itu.

Delapan tersangka itu adalah HR (17), SA (16), AAS (15), FAS (16), DA (16), AB (15), Adek Wahyudi (20), dan Ilham Firmansyah (22). Para tersangka selanjutnya dilakukan penahanan. Khusus 6 tersangka anak di bawah umur, mendapat perlakuan khusus sesuai Undang-Undang Perlindungan Anak.

Suyudi mengatakan pihaknya berkoordinasi dengan Bapas terkait penanganan terhadap 6 tersangka anak di bawah umur ini. Penahanan terhadap keenam anak juga tidak dilakukan di Polres Jakarta Timur, melainkan dititipkan di balai rehabilitasi anak 'Handayani' Jakarta Timur.

"Tentunya karena menyangkut anak, perlakuan penyidikannya secara khusus ya kita akan libatkan pihak Bapas, orang tua dan dititipkan sementara di Handayani untuk proses lebih lanjut," tutur Suyudi.



ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT