BNN: Oknum Bank Mandiri Pindahkan Duit Bandar Narkoba ke Rekening H Podda

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
Selasa, 18 Feb 2020 12:54 WIB
detikcom mendapat kesempatan untuk menengok dapur BNN di Cawang, Jakarta, akhir pekan lalu. Salah satu ruangan yang dikunjungi adalah sel tahanan.
Gedung BNN (Lamhot Aritonang/detikcom)
Makassar -

Badan Narkotika Nasional (BNN) memblokir rekening seorang nasabah Bank Mandiri, H Podda, karena sempat diduga terkait tindak pidana pencucian uang (TPPU) narkoba. Uang yang masuk rekening Podda berasal dari bandar narkoba bernama Agus Sulo yang sudah ditangkap BNN lebih dahulu.

"Itu kasusnya saya tangani Agus Sulo. Uangnya itu ngalir ke Haji Podda karena yang melakukan itu Agus Sulo bukan Haji Podda. Haji Podda nasabah Bank Mandiri dan Agus Sulo diduga nasabah Bank Mandiri. Oleh si oknum Bank Mandiri, Rosni," kata Direktur TPPU BNN, Brigjen Bahagia Dachi, kepada detikcom, Selasa (18/2/2020). Mandiri meluruskan Rosni bukanlah pegawai bank, namun asuransi. Ada seorang oknum lain yang bekerja sama dengan Rosni.

Dia mengatakan Podda tidak tahu menahu soal uang tersebut. Podda juga tidak terkait dengan kasus narkoba Agus Sulo.

"Jadi uangnya itu Agus Sulo dipindahkan ke rekening Haji Podda. Haji Podda ini tidak tahu apa-apa, tidak terlibat narkoba atrau TPPU," kata dia.

Rosni saat ini tengah berada di Polres Sidrap karena kasus penggelapan rekening lainnya. Bahagia mengatakan Rosni melakukan penggelapan di sejumlah rekening.

"Si R ini agak nakal. Uangnya Haji Podda dan istrinya dan beberapa nasabah digelapkan sama dia," ucapnya. Mandiri menegaskan kasus-kasus lain terkait Rosni dan komplotannya sudah dibereskan sesuai aturan, uang nasabah yang digelapkan sudah dikembalikan, kecuali soal istri H Podda, yang menurut Mandiri semua penarikan berjalan normal.

Hal ini terungkap setelah BNN memeriksa Agus Sulo. Bahagia mengatakan Rosni dan Agus Sulo memiliki komunikasi dalam rangkaian aliaran dana hasil narkoba tersebut.

"Rosni itulah yang menyetor uang itu ke Haji Podda uangnya Agus Sulo. Iya bukan tranfser kayaknya setor tunai. Jadi kita dapat informasinya kan dari Agus Sulo bahwa uang itu diserahkan ke Mandiri lewat Rosni. Rosni kita periksalah dan Rosni ngasih ke Haji Podda. Dan Haji Podda dipindahkan lagi ke anaknya. Kita minta kembalikan ke Haji Podda karena itu yang kita blokir," urainya.

Simak Video "Bak Film Eksyen, BNN Kejar Sindikat di Sumatera Utara"

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2