Ada Galian Proyek di Jl Gatot Subroto, Warga: Macet, Nggak Ada yang Kerjain

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Selasa, 04 Feb 2020 19:51 WIB
Galian fiber optik di Jalan Gatot Subroto (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Galian Fiber Optik di Jalan Gatot Subroto (Rahel Narda Chaterine/detikcom)
Jakarta -

Ada penggalian fiber optik di sekitar Jalan Gatot Subroto. Warga sekitar mengatakan pekerjaan itu membuat arus lalu lintas menjadi macet dan tak terlihat ada pekerja yang mengerjakan proyek tersebut.

Pantauan detikcom sekitar pukul 18.40 WIB, di bawah jembatan penyeberangan orang (JPO) Halte Gatot Subroto Jamsostek, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Selasa (4/2/2020), tampak jalan dari arah Semanggi menuju arah Cawang padat merayap. Laju kendaraan menjadi terhambat tepat di samping galian tersebut karena sebagian badan jalan termakan.

"Mulai Tanggal 1 sampai dengan 16 Februari 2020 ada pekerjaan galian fiberoptic di Jalan Gatot Subroto dari depan Gedung Centennial Tower sampai Simpang Kuningan akan terjadi penyempitan jalan secara bertahap," demikian bunyi spanduk di proyek tersebut.

Selain itu, trotoar di bawah JPO tersebut dipenuhi oleh tumpukan tanah dan karung-karung dari penggalian tersebut. Tumpukan tanah itu menutupi dan hanya menyisakan sedikit bagian trotoar bagi pejalan kaki.

Seorang pekerja kantor di kawasan tersebut yang bernama Ika (30) menyatakan penggalian fiber optik itu mengganggu pengguna jalan. Menurutnya, tidak ada pekerja yang turun mengerjakan proses penggalian fiber optik tersebut.

"Mengganggu, ya, satu kata, karena memang sebenernya kalau memang dikerjakan, dikerjakan, karena kenapa, ini kayaknya nggak ada orang sama sekali yang kerjakan. Nggak tahu ini nanti malam atau seperti apa. Tapi setahu saya waktu hari Minggu itu saya lewat sini karena saya dari arah barat mau ke arah sini. Itu macet banget dan nggak ada orang satu pun yang beresin itu (orang yang kerja)," ucap Ika di lokasi.

Dia juga mengatakan tumpukan tanah dan karung dari penggalian di trotoar mengurangi ruang bagi pejalan kaki. Menurutnya, gerak jalan pejalan kaki menjadi terhambat karena sisa-sisa puing tersebut.

Ada Galian Proyek di Jl Gatot Subroto, Warga: Macet, Nggak Ada yang KerjainGalian Fiber Optik di Jalan Gatot Subroto (Rahel Narda Chaterine/detikcom)

"Gerak jalannya kurang kan harusnya bisa buat jalan, itu ditumpukin. Kalau memang nggak perlu, mungkin ditaruh di pinggir aja di depan tempatnya itu aja. Nggak usah di sini (trotoar)," tutur Ika.

Sementara itu, pengendara ojek pangkalan di sekitar lokasi mengatakan hal yang serupa. Dia menyebut proyek penggalian fiber optik tersebut membuat lalu lintas macet. "(Macet) karena penggalian," kata Chotib di lokasi.

Chotib mengatakan proyek penggalian dilakukan sejak Sabtu (1/2). Menurut Chotib, sejak tadi pagi tidak terlihat kehadiran pekerja yang menyelesaikan proyek itu.

"Nggak ada (pekerja yang kerjain kayaknya)," sebut Chotib.

(gbr/knv)