Soal Penarikan 2 Jaksa dari KPK, Kejagung: Institusi Butuh Kemampuannya

Farih Maulana Sidik - detikNews
Senin, 27 Jan 2020 22:47 WIB
Hari Setiyono (Wilda-detikcom)
Kapuspenkum Kejagung, Hari Setiyono (Wilda/detikcom)
Jakarta -

Kejaksaan Agung (Kejagung) membenarkan adanya dua jaksa dari KPK yang ditarik ke Kejagung. Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung, Hari Setiyono, menyebut kedua jaksa tersebut adalah Sugeng dan Yadin.

Hari mengatakan ditariknya kembali Sugeng dan Yadin dilatarbelakangi oleh institusi Kejagung yang membutuhkan kemampuan mereka. Menurutnya, ditariknya kedua jaksa itu untuk kepentingan peningkatan kapasitas yang bersangkutan dan kepentingan institusi.

"Artinya kepentingan institusi membutuhkan yang bersangkutan dalam rangka peningkatan karir, juga untuk memperkuat organisasi kejaksaan," kata Hari kepada wartawan di Gedung Bundar Kejagung, Jl Sultan Hasanuddin, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (27/1/2020).

Hari membantah jika dikatakan penarikan kedua jaksa tersebut bukan atas permintaan KPK. Menurutnya, penarikan kembali seorang jaksa yang bertugas di institusi lain merupakan hal yang biasa.

"Ya tidak. Saya sampaikan kepentingan organisasi membutuhkan yang bersangkutan, sehingga diperlukan istilahnya organisasi kejaksaan ini membutuhkan dua orang ini," katanya.

"Penugasan kawan-kawan di sana itu bisa tepat waktu tarik atau pulang karena habis, bisa juga diperpanjang ada batasan, bisa juga belum habis masa waktunya, wah ini potensi ini organisasi memerlukan dia. Nah ditarik untuk ditempatkan di posisi yang lebih kompeten terhadap kapasitas dia," sambungnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2