Wiranto Lapor Kerja Wantimpres ke Jokowi, Tak Ingin Beri Nasihat Duplikasi

Kanavino Ahmad Rizqo - detikNews
Rabu, 22 Jan 2020 14:11 WIB
Foto: Ketua Wantimpres, Wiranto (Vino/detikcom)
Jakarta - Ketua Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres), Wiranto, bersama jajaran menghadap Presiden Joko Widodo. Wiranto melaporkan kerja Wantimpres yang sudah dilakukan selama kurang lebih satu bulan.

"Kami memang melaporkan selama 1 bulan 1 minggu itu apa yang kami lakukan. Pasti dalam suatu organisasi apalagi Wantimpres Dewan Pertimbangan Presiden yang tugasnya memberikan nasihat dan pertimbangan kepada Presiden maka kami tentu melakukan konsolidasi organisasi dulu. Di mana sih posisi kami dalam satu konstelasi organisasi negara ini di mana," kata Wiranto setelah bertemu Jokowi di Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Rabu (22/1/2020).


Wiranto ditemani sejumlah anggota Wantimpres di antaranya Sidharto Danusubroto, Arifin Panigoro, Agung Laksono, Putri Kuswisnu Wardani, M Mardiono hingga Habib Luthfi bin Yahya. Namun Wiranto enggan menjelaskan nasihat apa yang disampaikannya kepada Presiden Jokowi.

"Jadi begini kalau apa yang dibicarakan tadi undang-undang nggak mengizinkan ya. Undang-undang mengizinkan bahwa apa yang dibincangkan dengan Presiden itu Wantimpres tidak bisa untuk menjelaskan ke publik. Itu undang-undang ya," ujar dia.

Wiranto menegaskan peran Wantimpres harus berbeda dengan instrumen lain yang dimiliki Presiden Jokowi. Wiranto ingin nasihat dan pertimbangan yang disampaikannya tidak duplikasi dan tumpang tindih.

"Yang pasti kami tidak ingin nasihat dan pertimbangan kami kepada presiden itu duplikasi, tumpang tindih dengan instrumen lain yang dimiliki presiden apakah kementerian, lembaga Mabes TNI, BIN, kemudian staf ahli beliau. Saya kira nggak bisa kalau kami hanya sama dengan para menteri, kepala lembaga maka kami tidak bisa memerankan itu dengan baik maka kami sudah melaporkan Presiden 'Pak yang kami lakukan tentu akan berbeda dengan apa yang Bapak terima masukan dari kementerian dan lembaga maupun badan-badan lain yang membantu beliau," ujar dia.
Selanjutnya
Halaman
1 2