Sidang Kasus Korupsi Wawan

Jaksa Ungkap 'Pengkondisian' Proyek untuk Dimenangkan Perusahaan Wawan

Faiq Hidayat - detikNews
Jumat, 17 Jan 2020 18:44 WIB
Dokumentasi Pengadilan Tipikor Jakarta (Dok. detikcom)
Jakarta - Tubagus Chaeri Wardana alias Wawan disebut mengatur proyek-proyek di Banten dan Tangerang Selatan (Tangsel) untuk dimenangkan perusahaannya. Perihal itu diungkap jaksa KPK melalui kesaksian mantan karyawan PT Bali Pasific Pragama (PT BPP) yang diketahui dimiliki Wawan.

Seorang saksi bernama MLutfiIshaq yang merupakan mantan staf PTBPP mengaku pernah diminta untuk 'mengkondisikan' proyek. Perintah itu disebutLutfi berasal dariItaRusdinar yang disebut sebagai salah satu orang kepercayaanWawan.


"Ketika saya diperintah Bu Ita di tahun 2008 untuk pengkondisian, tugasnya mengkondisikan proyek," kata Lutfi saat bersaksi dalam persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Jalan Bungur Besar Raya, Jakarta Pusat, Jumat (17/1/2020).

Lantas jaksa membacakan salah satu keterangan Lutfi dalam berita acara pemeriksaan (BAP). Berikut ini isinya:

Saya dan Agus Marwan untuk mengkondisikan paket proyek yang diurus PT BPP agar aman, dalam artian tidak ada perusahaan lain di luar grup PT BPP, hanyalah grup perusahaan PT yang nantinya ditunjuk sebagai pemenang.


"Gimana keterangan saudara?" tanya jaksa kepada Lutfi.

"Saya baru nerima perintah dari Ita itu di tahun 2008, ya saya akui itu. Di tahun 2007 itu saya sifatnya membantu saja, jadi perintah langsung itu tahun 2008," jawab Lutfi.

Selain itu Lutfi juga mengaku mendapatkan perintah yang sama dari Dadang Prijatna yang diketahui pula sebagai orang kepercayaan Wawan lainnya. Namun Lutfi mengaku tidak tahu tujuan dari perintah kedua orang itu.

Selanjutnya
Halaman
1 2