Round-Up

Ada Korban Saat Dorong-dorongan di Momen Kebebasan Dhani

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 21:33 WIB
Ahmad Dhani (Palevi S/detikFoto)
Jakarta - Politikus Partai Gerindra Ahmad Dhani sudah bebas setelah mendekam di bui dalam kasus ujaran kebencian. Dalam momen bahagia Ahmad Dhani, ada yang menderita.

Ahmad Dhani
keluar dari Rutan Cipinang, Jakarta Timur, Senin (30/12/2019), disambut keluarganya. Pendukung Ahmad Dhani ataupun wartawan yang meliput berdesak-desakan untuk mengabadikan momen itu. Salah satu jurnalis mengalami insiden kekerasan.

Jurnalis media online Suara.com yang juga penyandang disabilitas, Herwanto, mengalami tindakan kekerasan itu ketika meliput kebebasan Ahmad Dhani. Jari palsu Herwanto putus.


Cerita bermula sekitar 10 menit sebelum Dhani keluar. Adu mulut terjadi antara wartawan dan pihak yang mengamankan Dhani karena massa berkerumun menutupi barisan wartawan. Kericuhan pun pecah saat Dhani ke luar rutan sekitar pukul 09.30 WIB. Para wartawan dan pihak keamanan Dhani saling dorong.

Sesaat Herwanto hendak maju untuk mengambil gambar, bajunya ditarik oleh salah seorang pihak keamanan. Namun dia tetap berusaha maju merekam video kebebasan Dhani. Pihak keamanan yang memakai kacamata hitam itu tiba-tiba menarik paksa tangan palsu sebelah kanan Herwanto, dia terus ditarik mundur.

Dalam kesempatan yang sama, Herwanto menyaksikan putra Dhani, Abdul Qodir Jaelani, terjatuh akibat aksi saling dorong. Dul Jaelani sempat dibantu oleh wartawan untuk bangun. Setelah Dhani dan keluarga naik Unimog lalu meninggalkan Rutan Cipinang, Herwanto baru tersadar jari palsunya rusak.


Pemimpin Redaksi Suara.com, Suwarjono, meminta semua pihak menghargai kerja-kerja jurnalis dalam mencari informasi. Dia berharap pelaku yang menyebabkan jari palsu Herwanto putus bertanggung jawab.

"Saya berharap pelaku bertanggung jawab dan minta maaf atas perbuatan tersebut," kata Suwarjono.

Apa kata pihak Ahmad Dhani?


Ahmad Dhani Langsung Latihan Band, Dul: Ayah Tak Kenal Malas

[Gambas:Video 20detik]


Selanjutnya
Halaman
1 2