Usai Kasus PNS Tabrak Pesepeda, Polres Jaksel Rutinkan Tes Urine Personel

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 31 Des 2019 03:58 WIB
Ilustrasi tes urine (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Polres Metro Jakarta Selatan (Jaksel) akan menggelar tes urine secara berkala. Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyalahgunaan narkoba oleh personel.

"Rutin akan kita laksanakan kepada anggota, khususnya terindikasi menggunakan narkoba. Pola waktunya bisa tiga bulan sekali cek narkoba," kata Kapolres Metro Jaksel Kombes Bastoni Purnama di Jakarta Selatan, seperti dilansir Antara, Senin (30/12/2019).

Upaya ini dilakukan menyusul kasus oknum PNS di Polres Metro Jaksel bernama Toto Prasetio menabrak tujuh pesepeda di Jalan Sudirman. Berdasarkan hasil tes urine, Toto terindikasi positif mengonsumsi narkoba jenis ekstasi.


Penyalahgunaan narkoba di lingkungan Polres Metro Jakarta Selatan bukan yang pertama kali. Sebelumnya, Kapolsek Kebayoran Baru dicopot dari jabatannya karena mengonsumsi narkoba. Dan anggota Polsek Setia Budi yang mobilnya dirusak massa karena menabrak juga terindikasi di bawah pengaruh narkoba.

Menurut Bastoni, upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba di kalangan anggotanya sudah dilakukan. Dia mengatakan, sejak awal dirinya menjabat, tes urine juga telah dilakukan.

Selain itu, sosialisasi secara intensif dilakukan pada saat pelaksanaan apel pagi ataupun kegiatan Bhayangkari dan pembuatan telegram rahasia bagi seluruh anggota.




Tonton juga video Soal Pesepeda Ditabrak, Polisi: Sebagian Tak Gunakan Jalur Sepeda:


selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2