Ratna Sarumpaet Bebas, Pelapor Beri Saran: Berpolitik dengan Sehat

Mei Amelia R - detikNews
Kamis, 26 Des 2019 13:36 WIB
Foto: Ratna Sarumpaet (Rifkianto Nugroho)
Jakarta - Ratna Sarumpaet hari ini bebas dari Rutan Pondok Bambu setelah mendapatkan pembebasan bersyarat. Bagaimana Muannas Alaidid selaku pelapor menanggapi bebasnya Ratna Sarumpaet ini?

"Sebagai pelapor dalam kasus Ratna Sarumpaet, saya tidak dapat membatasi apa yang menjadi hak terpidana termasuk hak Ratna untuk memperoleh pembebasan bersyarat," jelas Muannas dalam keterangannya, Kami s(26/12/2019).

Menurut Muannas, Ratna Sarumpaet memiliki hak tersebut, sepanjang mengikuti syarat dan prosedur yang berlaku.

"Sepanjang syarat dan prosedur terpenuhi sesuai ketentuan UU dalam pemberiannya, tentu siapapun tidak bisa kita batasi antara lain 2/3 si terpidana sudah menjalani masa tahanannya," imbuhnya.

Lebih lanjut, Muannas menyarankan agar Ratna memetik pelajar dari kasus tersebut. Muannas mengimbau agar Ratna berpolitik secara sehat dan tidak membuat kegaduhan.

"Semoga peristiwa ini menyadarkan beliau untuk tidak mengulangi lagi perbuatannya, berpolitiklah dengan sehat bukan dengan menghalalkan segala cara," tandas Muannas.

Ratna Sarumpaet bebas dari Rutan Pondok Bambu hari ini. Desmihardi selaku kuasa hukum Ratna Sarumpaet, menyebut kliennya bebas setelah mendapatkan pembebasan bersyarat.





Selanjutnya
Halaman
1 2