Tertibkan Peternakan Babi Ilegal, Camat di Sumut Diserang Sekelompok Pria

Datuk Haris Molana - detikNews
Selasa, 24 Des 2019 23:55 WIB
Camat di Sumut diserang sekelompok pria saat menertibkan peternakan babi ilegal. (Foto: dok. Istimewa)
Medan - Camat Hamparan Perak, Deli Serdang, Sumatera Utara, Amos Karo Karo bersama rombongan diserang sejumlah pria saat menertibkan peternakan babi ilegal di Desa Tandem Hilir I. Petugas pun sempat terkena pukulan dari gerombolan pria tersebut.

"Iya, betul. Insiden ini berawal saat kita lakukan penertiban ternak babi yang tidak memiliki izin. Ada sekitar 21 peternakan babi ilegal. Rencananya, akan direlokasi ke tempat yang sudah ditentukan. Namun ada sejumlah pria diduga preman mengintimidasi kita dengan memukul mobil. Saya didorong dan mau dipukul. Petugas yang menangkis kemudian kena pukul," kata Camat Hamparan Perak Amos Karo Karo saat dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (24/12/2019).



Amos menjelaskan insiden itu terjadi pada Senin (22/12). Saat itu dirinya bersama Dinas Peternakan, Satpol PP, dan anggota DPRD Deli Serdang datang ke Desa Tandem Hilir I untuk melakukan sosialisasi dan sekaligus pengecekan terhadap ternak babi yang tidak memilik izin. Rencananya, ternak babi ilegal akan direlokasi ke Kecamatan STM Hilir dan Sibiru-biru.

"Kita ke titik pertama. Kita dapati ternak babinya terindikasi wabah hog cholera dan African swine fever (ASF). SOP-nya, tidak boleh kami angkat. Jadi, kami sampaikan untuk ditanam babinya yang sudah sakit. Pemiliknya tidak ada masalah," sebut Amos.


Selanjutnya
Halaman
1 2