Tentang PISA dan TIMMS, 2 Acuan Mendikbud untuk Hapus Ujian Nasional

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 11 Des 2019 14:25 WIB
Foto: Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 70 Jakarta (Rachman Haryanto)
Foto: Ujian Nasional Berbasis Komputer di SMAN 70 Jakarta (Rachman Haryanto)
Jakarta - Ujian Nasional (UN) dihapus, lalu akan diganti menjadi Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter mulai tahun 2021. Mendikbud Nadiem Makarim memakai PISA dan TIMMS sebagai acuan untuk hapus UN.

"Arah kebijakan ini juga mengacu pada praktik baik pada level internasional seperti PISA dan TIMSS," kata Nadiem di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Rabu (11/12/2019).


Lantas, apa sebenarnya PISA dan TIMMS itu?

Survei Program for International Student Assessment (PISA) adalah survei yang kerap jadi rujukan untuk melihat kualitas pendidikan di dunia. Survei ini diselenggarakan oleh Organisation for Economic Co-operation and Development (OECD) tiap tiga tahun sekali.

PISA sudah dimulai sejak tahun 2000 dan berlangsung hingga sekarang. Indonesia mulai sepenuhnya berpartisipasi sejak tahun 2001. PISA juga tidak hanya memberikan informasi tentang benchmark pendidikan Internasional, tetapi juga informasi mengenai kelemahan serta kekuatan siswa beserta faktor-faktor yang mempengaruhinya.


Survei ini dilakukan untuk menilai siswa sekolah usia 15 tahun. Indikator yang dipakai ialah kemampuan literasi membaca, matematika, dan sains.
Selanjutnya
Halaman
1 2