Laporan dari Madrid

Kehadiran Greta Thunberg di COP25 Madrid Bikin Heboh Jurnalis

Mei Amelia R - detikNews
Sabtu, 07 Des 2019 02:53 WIB
Jurnalis menunggu Greta keluar dari Hall 9, namun mereka dihalangi sekuriti (Mei Amelia/detikcom)
Madrid - Aktivis muda asal Swedia, Greta Thunberg datang ke ajang konferensi perubahan iklim (COP25) di Madrid, Spanyol siang ini waktu setempat. Kehadiran Greta membuat heboh para jurnalis.

Pantauan detikcom di gedung Feria de Madrid (Ifema), Madrid, tempat COP25 berlangsung, sejumlah media dari berbagai belahan dunia berkerumun di depan pintu Hall 9. Mereka menunggu Greta keluar dari ruang rapat, setelah sebelumnya mengejarnya dari Hall 2.

Greta telah tiba di Madrid untuk mengikuti konferensi perubahan iklim, di mana sebetulnya kehadirannya tidak diharapkan. Setibanya di Stasiun Chamartin, Greta langsung menuju ke IFEMA dan bergabung dengan sejumlah aktivis lainnya yang yang tergabung dalam massa Friday For Future (FFF).


Di Ifema, remaja Swedia itu bergabung dengan protes anak laki-laki dan perempuan seusianya, yang meneriakkan lagu dan slogan, pertama-tama duduk di lantai dan kemudian bergandengan tangan.

"Ya, tadi dia bersama saya di samping saya, tetapi banyak kamera menyorotnya dan lalu dia dibawa ke luar," kata aktivis muda Jesse Van Schaik (14).

Kehadiran Greta Thunburg di COP25 Madrid Bikin Heboh JurnalisJesse Van Schaik (14), aktivis muda yang bergabung dengan Greta Thunberg (Mei Amelia/detikcom)

Dia telah tiba di Stasiun Chamartin beberapa jam sebelumnya, setelah perjalanan panjang lebih dari 10 jam dan berhenti dari Lisbon dengan kereta tua.



Suara Anak Muda

Aksi Greta menginspirasi banyak aktivis. Salah satunya adalah Jesse Van Schaik (14), seorang pelajar dari Belanda yang juga datang ke COP25 untuk ikut dalam gerakan Friday For Future bersama sejumlah aktivis seusianya.

Mereka datang dengan satu misi yang sama, yakni meminta para petinggi dunia untuk melakukan aksi nyata.

"Aku datang ke sini untuk melihat bagaimana (konferensi) ini berjalan, karena kami ingin ada aksi dari politisi dan perusahaan," ujar Jesse.

Selanjutnya
Halaman
1 2