detikNews
2019/11/29 09:20:27 WIB

Round-Up

Menanti Nasib Ujian Nasional dari Mas Menteri Nadiem

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Menanti Nasib Ujian Nasional dari Mas Menteri Nadiem Nadiem Makarim (Foto: Lamhot Aritonang)
Jakarta - Ujian Nasional (UN) bisa jadi tinggal kenangan. Kini, keputusannya ada di tangan Mendikbud Nadiem Makarim yang akrab disapa 'mas menteri'.

Adanya kajian mengenai penghapusan ujian nasional itu dibenarkan oleh Nadiem. Meski demikian, dia belum merinci soal rencana itu maupun pengganti ujian nasional.

"Itu (penghapusan UN) yang sedang kami kaji. Ditunggu kabarnya," ujat Nadiem di Ballroom The Ritz Carlton Hotel Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (28/11/2019).


Nadiem memang belum bicara panjang lebar soal wacana itu. Namun, dia menyebut Kemendikbud tengah mengusung konsep merdeka belajar. Menurutnya konsep itu membebaskan sekolah untuk menciptakan kreativitas dan inovasi.

Konsep itu digagas karena menurut Nadiem, sistem pendidikan saat ini sifatnya sangat administratif. Sehingga, kata dia, guru hanya mengajarkan apa yang tertera di silabus.

Nadiem Makarim / Nadiem Makarim / Foto: Dok. Kemendikbud


Nadiem menyebut konsep merdeka belajar tidak mungkin dapat diselesaikan selama lima tahun ke depan. Namun setidaknya tugas Kemendikbud saat ini adalah mengganti konsep belajar tersebut.

"Ini suatu konsep yang mungkin sangat berbeda dari yang sekarang, tetapi tidak mungkin akan tercapai dalam 5 tahun. Bisa tercapai mungkin 10-15 tahun. Tapi tugas selama lima tahun ke depan ini adalah paling tidak mengganti konsep," kata dia.



Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com