Populer Pekan Ini: Kontroversi Sukmawati Bandingkan Nabi dan Sukarno

Tim detikcom - detikNews
Minggu, 24 Nov 2019 11:14 WIB
Sukmawati Soekarnoputri angkat bicara soal ucapan seolah membandingkan Nabi Muhammad dengan Ir Sukarno. (Foto: Johan 20detik)

3. Respons PBNU dan PP Muhammadiyah

Dua organisasi massa Islam terbesar di Indonesia, PBNU dan PP Muhammadiyah menilai ucapan Sukmawati yang seolah membandingkan Nabi Muhammad SAW dengan Sukarno tidak tepat. Sukmawati diminta kedepankan tabayun.

"Itu menunjukkan kedangkalan juga dalam khazanah atau pengetahuan sejarah agama, sejarah Islam. Jadi kalau dibandingkannya Nabi Muhammad dengan Sukarno kan tidak berimbang itu. Itu (Muhammad) adalah seorang Nabi, Pak Sukarno kan seorang pejuang. Dan Pak Sukarno terinspirasi oleh Nabi Muhammad," kata Ketua PP Muhammadiyah Dadang Kahmad kepada wartawan, Sabtu (17/11).


"Beliau kan seorang muslim, muslim yang baik. Dia banyak menyebut-nyebut Nabi Muhammad, banyak dalam buku-bukunya itu pasti ada dia menyebut seperti itu. Pasti beliau, Sukarno itu kan orang Muhammadiyah juga. Jadi beliau pasti terinspirasi oleh Nabi Muhammad SAW. Jadi jangan begitu lah, itu memang tidak enak didengar gitu ya," ujarnya.

Sedangkan PBNU menilai pernyataan Sukmawati tidaklah tepat dan keliru. PBNU justru menilai mendiang Sukarno begitu mengagumi sosok Nabi Muhammad.

"Pertama, yang disampaikan Bu Sukmawati tidak tepat, jadi membanding-bandingkan Nabi Muhammad dengan Bung Karno sangat tidak tepat. Karena kalau saya melihat pidato Bung Karno di peringatan Maulid Nabi di Istana, Bung Karno justru adalah sosok yang sangat mengagumi teladan dan kepemimpinan Nabi Muhammad SAW. Justru kepemimpinan Nabi inilah yang melahirkan inspirasi kemerdekaan RI," kata Sekjen PBNU Helmy Faishal saat dihubungi, Minggu (17/11).

"Kedua, konteks abad 20 maksudnya apa? Jadi, menurut saya, pernyataan yang disampaikan Bu Sukmawati sangat keliru, tidak tepat," imbuhnya.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3 4 5 6 7