Memahami Meme

Meme: Alat Satire yang Bisa Membawamu ke Kantor Polisi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 10 Nov 2019 17:28 WIB
Foto: Ilustrasi media sosial (Thinkstock)

3. Kader PSI ditangkap karena meme Setnov

Polisi juga pernah menangkap kader PSI berinisial DN. DN ditangkap kediamannya di daerah Tangerang pada Selasa (31/10/2017). DN diduga menyebarkan fitnah atau berita bohong melalui foto-foto Novanto yang diedit dan dijadikan meme.

Meme itu menunjukkan foto eks Ketua DPR, Setya Novanto (Setnov) di rumah sakit yang diedit mirip seperti tokoh Bane dalam film Batman. Saat itu, Setnov tengah disorot karena kasus korupsi e-KTP.


Karena tak terima dengan meme itu, Setnov melaporkan DN dan akun lainnya melalui surat laporan polisi nomor: LP/1032/X/2017/Bareskrim tanggal 10/10/2017. Namun, akhirnya DN dibebaskan dan kasusnya dihentikan.

4. Meme Joker Anies

Kasus terbaru meme ialah soal meme Joker Gubernur Anies Baswedan. Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dari DKI Jakarta Fahira Idris melaporkan dosen UI Ade Armando ke Polda Metro Jaya pada Jumat (1/11/2019).


Ade dilaporkan karena mem-posting meme berupa foto Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dengan riasan wajah tokoh fiksi Joker ke Facebook.

Fahira merasa tersinggung karena foto Gubernur DKI Jakarta diedit dengan riasan Joker dan disebarkan di media sosial. Ade dilaporkan menggunakan Pasal 32 ayat 1 UU ITE. Polisi pun saat ini sedang mendalami kasus ini dengan mulai memeriksa Fahira sebagai pelapor.
Halaman

(dnu/dnu)