Memahami Meme

Meme: Alat Satire yang Bisa Membawamu ke Kantor Polisi

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Minggu, 10 Nov 2019 17:28 WIB
Foto: Ilustrasi media sosial (Thinkstock)

1. Santri unggah meme Jokowi

Adalah Burhannudin yang diamankan, karena menghina Presiden Jokowi, Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian serta pejabat polisi lainnya, dengan meme yang tidak pantas melalui akun Facebook-nya. Dia diamankan pada Kamis (8/6/2017) , tim Cyber Crime, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jatim.

Burhanudin mengunggah meme-meme atau gambar-gambar dan berisikan tulisan-tulisan yang bernada menghina, dalam beberapa waktu terakhir ini di akun facebooknya, 'Elluek Ngangenie'.


Meme dan gambar tersebut diantaranya, 'Presiden Jokowi yang sedang berada diantara tumpukan ban dan digambarkan seolah sedang menambal ban dalam'. Burhanudin lantas dijerat dengan pasal UU ITE pasal 28 ayat 2 jo pasal 45A ayat 2 dengan ancaman 6 tahun penjara.

2. Meme Jokowi dan Ahok

Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri menangkap (35), pemilik akun Facebook yang menyebarkan hate speech di media sosial. Ropi juga mengedit foto Presiden Joko Widodo dan sejumlah pejabat, termasuk Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), menjadi meme. Kemudian mengunggahnya di akun Facebook-nya itu.


Ropi ditangkap di rumahnya di Jl Raya Padang, Bukit Tinggi, Sumatera Barat, pada Senin (27/2/ 2017). Ropi pun kemudian ditetapkan sebagai tersangka ujaran kebencian karena diduga menggunakan akun alter dengan nama Agus Hermawan dan Yasmen Ropi untuk mengunggah meme itu.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3