detikNews
Minggu 29 September 2019, 19:16 WIB

Laporan Dari New York

Indonesia Ingin Sinergi ASEAN-PBB Makin Erat

Indah Mutiara Kami - detikNews
Indonesia Ingin Sinergi ASEAN-PBB Makin Erat Menlu Retno Marsudi (Foto: Indah Mutiara Kami/detikcom)
New York - Indonesia mendorong penguatan kerja sama antara ASEAN dan PBB. Sinergi yang makin erat antara PBB dengan organisasi regional saat ini dibutuhkan.

Hal itu disampaikan Menteri Luar Negeri, Retno Marsudi, saat pertemuan antara ASEAN dan Sekjen PBB, Antonio Gutteres. Hadir pula Presiden Majelis Umum ke-74 PBB, Tijjani Muhammad-Bande.

"Sinergi organisasi kawasan dengan PBB penting sekali. Bagaimana kita memperkuat organisasi regional untuk menjaga stabilitas kawasan tersebut," kata Retno usai pertemuan di Markas PBB, New York, Amerika Serikat, Sabtu (28/9/2019).


Ada 3 poin penting yang disampaikan Menlu Retno saat pertemuan tersebut yaitu ASEAN Concept on Indopacific; isu perempuan, perdamaian, dan keamanan; serta soal Rakhine State. Secara khusus, Retno menyebut ASEAN Concept on Indopacific sebagai 'bayi' organisasi itu karena baru lahir beberapa waktu lalu.

"Bayi ini dilahirkan dalam rangka berkontribusi pada perdamaian dan persaudaraan tak hanya di ASEAN tapi juga di kawasan yang lebih luas," ucapnya.


Menlu Retno juga sempat melakukan pertemuan informal dengan para Menlu ASEAN. Mereka membahas persiapan KTT ASEAN 2 bulan lagi. Beberapa pertemuan yang direncanakan juga terkait isu ekonomi.

Ada pula pertemuan ASEAN-Pacific Alliance yang dihadiri Menlu Retno. Dia mengatakan meski jarak antarnegara jauh, namun pertemuan reguler seperti ini bisa menjadi jembatan untuk bekerjasama.


(imk/fdu)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com