detikNews
2019/09/25 21:16:19 WIB

Jejak Rizal Djalil: Dulu Berpolemik dengan Ahok, Kini Jadi Tersangka

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 3
Jejak Rizal Djalil: Dulu Berpolemik dengan Ahok, Kini Jadi Tersangka Anggota IV BPK Rizal Djalil (Danang Sugianto/detikFinance)
Jakarta - KPK menetapkan anggota BPK Rizal Djalil sebagai tersangka terkait proyek di Direktorat Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) di Kementerian PUPR. Begini rekam jejak Rizal Djalil sebelumnya.

Sebagaimana diketahui, penetapan Rizal Djalil sebagai tersangka ini merupakan pengembangan dari OTT di Kementerian PUPR pada Desember 2018. Saat itu KPK menjerat delapan orang jadi tersangka dan semuanya divonis bersalah menerima/memberikan suap.


Kasus ini pun terus berkembang hingga KPK mengidentifikasi adanya sebaran aliran dana di beberapa pejabat.

"KPK juga mengidentifikasi sebaran aliran dana yang masif kepada sejumlah pejabat di kementerian yang seharusnya mengurus sebaik-baiknya kepentingan dasar masyarakat ini," kata Wakil Ketua KPK Saut Situmorang dalam jumpa pers di kantornya, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Rabu (25/9/2019).



Rizal Djalil diketahui pernah melakukan audit kerugian negara hingga audit rutin untuk pemerintahan daerah. Pada Rabu (25/9), detikcom merangkum beberapa audit yang pernah dilaksanakan oleh Ketua BPK 2014 ini dan berujung pada kontroversi:
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com