Selain Mahasiswa, Petani Juga Bakal Demo di DPR Tolak RUU Bermasalah

Haris Fadhil - detikNews
Selasa, 24 Sep 2019 06:01 WIB
Ilustrasi demonstrasi (Foto: Rifkianto Nugroho-detikcom)
Jakarta - Aliansi mahasiswa rencananya kembali menggelar demonstrasi di gedung DPR hari ini. Selain aliansi mahasiswa, massa petani juga bakal menggelar aksi di depan gedung DPR untuk menolak sejumlah rancangan undang-undang (RUU) yang dinilai bermasalah.

"Di Jakarta kita akan melakukan aksi ke DPR mendesak penundaan RUU yang masih bermasalah," kata Ketua Umum Serikat Petani Indonesia (SPI) Henry Saragih, Selasa (24/9/2019).



Adapun RUU yang dinilai bermasalah itu antara RUU Pertanahan, RUU Sistem Budidaya Pertanian Berkelanjutan (SBPB), RUU Perkoperasian dan RUU Karantina. Massa juga menolak UU Sumber Daya Air yang baru saja disahkan DPR.

"SPI telah memberikan pandangan dan sikap terkait RUU tersebut. Dalam RUU Pertanahan misalnya, beberapa ketentuan yang diatur dalam RUU tersebut justru bertentangan dengan amanat UUPA (Pokok-pokok Agraria) No 5 Tahun 1960. Seperti soal kewenangan hak pengelolaan, dan kepemilikan bagi orang asing, serta beberapa pasal lainnya. Apabila RUU Pertanahan dipaksakan untuk disahkan, hal ini justru akan mempersulit pelaksanaan reforma agraria dan penyelesaian konflik agraria yang menjadi prioritas dari pemerintahan Joko Widodo saat ini," ujar Henry
Selanjutnya
Halaman
1 2