KPK Minta Rommy Buktikan Tudingan soal Hilangkan Peran Khofifah-Kiai Asep

Zunita Putri - detikNews
Senin, 23 Sep 2019 15:53 WIB
Terdakwa perkara suap jual-beli jabatan di Kemenag, Romahurmuziy, dalam persidangan. (Ari Saputra/detikcom)


Terhadap tudingan Rommy, baik Khofifah maupun Kiai Asep menyampaikan bantahan. Pernah suatu ketika dalam persidangan ketika Haris dan Muafaq duduk sebagai terdakwa, Khofifah dan Kiai Asep memberikan kesaksian.

Khofifah bersaksi dalam sidang pada Rabu, 3 Juli 2019. Saat itu Khofifah membantah telah memberikan rekomendasi ke Rommy terkait jabatan di Kemenag Jatim.




"Apakah betul Saudara merekomendasikan Pak Haris ke Romahurmuziy agar Pak Haris jadi Kakanwil Kemenag Jatim agar bisa bersinergi dengan Pemprov Jawa Timur?" tanya jaksa dalam persidangan saat itu.

"Tidak," jawab Khofifah.

Sedangkan Kiai Asep memberikan kesaksian sebulan sebelumnya, yaitu Rabu, 26 Juni 2019. Kiai Asep menepis bila dikatakan meminta agar Haris menjadi Kakanwil.

"Tidak pernah komunikasi saya secara khusus meminta Pak Haris Kakanwil (Jawa Timur)," kata Asep saat bersaksi dalam sidang itu.




Namun Kiai Asep mengamini pernah menyampaikan kepada Rommy soal sosok Haris. Menurutnya, hal itu disebut Kiai Asep agar Rommy mendapatkan referensi.

"Pernah sampaikan ke Rommy, Haris adalah santri saya. Waktu dia jadi santri saya, orangnya baik karena aktif, selalu hadir dan suka bertanya. Kemudian juga beliau sopan. Dengan ini bisa jadi referensi oleh Pak Rommy," ucap Kiai Asep.
Halaman

(dhn/fjp)