Kontroversi Disertasi, Komisi VIII Minta Jokowi Copot Rektor UIN Yogya

Kontroversi Disertasi, Komisi VIII Minta Jokowi Copot Rektor UIN Yogya

Tsarina Maharani - detikNews
Rabu, 04 Sep 2019 11:43 WIB
Sodik Mudjahid (Tsarina Maharani/detikcom)
Sodik Mudjahid (Tsarina Maharani/detikcom)
Jakarta - Wakil Ketua Komisi VIII DPR dari F-Gerindra, Sodik Mudjahid, meminta Presiden Joko Widodo (Jokowi) mencopot Rektor dan Direktur Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hal ini menyusul kontroversi disertasi dosen Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Surakarta, Abdul Aziz, yang mengangkat tema tentang keabsahan seks di luar nikah.

Menurut Sodik, lolosnya disertasi tersebut merupakan bentuk kebodohan dan kegagalan pimpinan UIN Sunan Kalijaga. Ia mengatakan konsep yang diusung Aziz dalam disertasi tersebut tidak sesuai dengan nilai-nilai Pancasila.

"Kebodohan dan kegagalan pimpinan UIN Sunan Kalijaga dalam memahami dinamika perilaku seks bebas yang bertentangan dengan Pancasila serta nilai agama dan budaya rakyat Indonesia, tidak kalah bahayanya dengan kegagalan dalam memahami paham radikalisme yang dicurigai berkembang di kampus-kampus dan komunitas lainnya," kata Sodik dalam keterangan tertulis, Rabu (4/9/2019).


"Atas dasar kebodohan dan kegagalan tersebut, maka presiden melalui Menteri Agama diminta mencopot Direktur Pascasarjana dan Rektor UIN Sunan Kalijaga dan menggantinya dengan guru besar, yang bukan hanya kredibel dari sisi akademis, tapi mempunyai kepekaan sosial dan komitmen tinggi kepada Pancasila dan moral bangsa Indonesia," imbuh dia.
Selanjutnya
Halaman
1 2 3