Usai Tes Kesehatan 20 Capim KPK, RSPAD Akan Serahkan Laporan ke Pansel

Faiq Hidayat - detikNews
Senin, 26 Agu 2019 17:12 WIB
Kepala RSPAD Gatot Soebroto Mayjen dr Terawan Agus Putranto (Faiq Hidayat/detikcom)
Jakarta - Dua puluh orang capim KPK telah selesai menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta. Tes kesahatan tersebut berjalan lancar selama pemeriksaan fisik hingga kejiwaan.

"Semua peserta capim KPK sudah selesai menjalani pemeriksaan, baik pemeriksaan fisik maupun psikatri oleh dokter jiwa. Baik tertulis maupun wawancara sudah berhasil diselesaikan dengan tuntas, seluruh peserta sudah menjalaninya dengan baik," kata Kepala RSPAD Gatot Soebroto Mayjen dr Terawan Agus Putranto di gedung RSPAD, Jalan Abdul Rahman Saleh Raya, Jakarta Pusat, Senin (26/8/2019).

Terawan mengatakan para capim KPK diperiksa kesehatan secara detail dan tepat waktu. Pihaknya juga tidak melihat adanya capim KPK yang kelelahan saat pemeriksaan kesehatan.


"Semua peserta gembira menyelesaikan dengan tidak ada kelihatan kelelahan, semua semangat dan itu menandai pemeriksaan yang dilakukan di sini tidak menimbulkan stres tapi mampu dijalankan dengan tertib dan tepat waktu, dan juga dengan detail," ujar dia.

Pemeriksaan kesehatan yang dijalani capim KPK, Terawan mengatakan berlari dengan treadmill hingga laboratorium. Pemeriksaan tersebut akan mengetahui nantinya yang bisa menghalangi bekerja 5 tahun menjadi pimpinan KPK.

"Semua akan direkap apa yang bisa menghalangi untuk bekerja selama 5 tahun dengan stres yang tinggi atau kita nyatakan semua baik," ucap dia.


Sambung Terawan, saat ini semua laporan pemeriksaan kesehatan akan dibahas dalam rapat bersama dokter. Setelah itu, hasil laporan itu akan diserahkan kepada Pansel Capim KPK pada malam ini secara tertutup.

"Kami usahakan secepatnya malam ini, kalau sudah tutup besok kami serahkan. Pokoknya pada intinya kami tidak pernah menunda hasil itu. Yang paling penting tidak mau ada sesuatu yang terselip, sesuatu yang ketinggalan sehingga pemeriksaan harus dengan detail dan tertib," jelas Terawan.

Hari ini, 20 capim KPK menjalani tes kesehatan di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Pihak RSPAD mengerahkan sekitar 40 dokter untuk melakukan tes kesehatan hingga kejiwaan para capim KPK.


Pansel Capim KPK sebelumnya mengumumkan 20 nama yang lolos tes profile assessment. Berdasarkan latar belakang profesi, yang lolos di antaranya akademisi atau dosen 3 orang, advokat 1 orang, jaksa 3 orang, dan pensiunan jaksa 1 orang.

Kemudian hakim 1 orang, anggota Polri 4 orang, auditor 1 orang, komisioner dan pegawai KPK 2 orang, PNS 2 orang, karyawan BUMN 1 orang, dan 1 orang penasihat menteri.




Tonton Video Ini Daftar 20 Capim KPK yang Lolos Seleksi:

[Gambas:Video 20detik]

(fai/jbr)