detikNews
2019/07/12 19:50:50 WIB

Round-Up

SM dan Amshor di 2 Kasus Mencolok Skizofrenia

Tim detikcom - detikNews
Halaman 1 dari 2
SM dan Amshor di 2 Kasus Mencolok Skizofrenia Foto: tangkapan layar video
Jakarta - Dua kasus mencolok dalam dua bulan belakangan ini mencuri perhatian publik. Penyebabnya serupa, pelaku sama-sama mengidap skizofrenia. Pertama SM (52), wanita pembawa anjing di sebuah Masjid di Sentul, Jabar. Kedua Amshor, sopir bus yang menyebabkan kecelakaan beruntun di Cipali hingga menewaskan 12 orang.

Kasus SM mencuat melalui media sosial pada Akhir Juni 2019. Video SM membawa anjing ke Masjid Al-Munawaroh, Sentul, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, viral.



Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika menerangkan SM masuk ke masjid sambil membawa anjing untuk mencari suaminya. Dicky menuturkan, pada saat itu jemaah masjid langsung bereaksi ketika melihat seorang wanita membawa anjing ke dalam masjid. Keributan pun tak terhindarkan.

"SM memasuki Masjid Al-Munawaroh dengan membawa hewan anjing dengan tujuan mencari suaminya," kata Dicky, Minggu (30/6/2019).

Polisi kemudian mengamankan SM dan mendalami motif membawa anjing ke dalam masjid. SM juga dibawa ke RS Polri untuk dilakukan pemeriksaan kejiwaannya. Hasilnya, polisi menyebut SM memiliki riwayat sakit jiwa.

Hal tersebut disampaikan oleh Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, Senin (1/7/2019). Dedi menyebut SM sudah beberapa kali dirawat karena sakit jiwa.

"Jenis sakit jiwa stadium berapa nanti dokter ahli yang sampaikan. Tapi memang sudah ada riwayat. Tapi nanti dirawat dulu gimana. Sembuh apa nggak, nanti akan disampaikan ahlinya," ujar Dedi.



Kepala RS Polri Brigjen Musyafak kemudian membeberkan kondisi kejiwaan SM. SM dinyatakan mengidap skizofrenia.

"Setelah dilakukan pemeriksaan oleh tim dokter ahli jiwa dari RS Polri dengan dokter luar, yaitu dr Laharjo, SpJ, dan dr Yeny, SpJ, yang bersangkutan menderita penyakit skizofrenia tipe paranoid," kata Musyafak kepada detikcom, Senin (1/7/2019).

Dalam kasus ini, anjing SM ditemukan mati. Meski demikian, polisi tetap mengusut perbuatan SM yang bikin gaduh di Masjid Sentul.

Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com