Round-Up

Ratna Sarumpaet Setia Salam 2 Jari

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 11 Jul 2019 19:30 WIB
Ratna Sarumpaet (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Salam 2 jari mengiringi jalannya sidang Ratna Sarumpaet. Mulai pembacaan dakwaan hingga sidang vonis, terdakwa kasus hoax penganiayaan ini setia mengacungkan salam yang identik dengan pasangan Prabowo-Sandiaga di Pilpres 2019 itu.

Berikut momen-momen Ratna Sarumpaet salam 2 jari:

Sidang Dakwaan

Ratna Sarumpaet mengacungkan salam 2 jari dari kursi terdakwa pada sidang perdananya, Kamis (28/2/2018), di PN Jaksel, Jl Ampera, Jakarta Selatan.



Momen itu berlangsung ketika ada jeda tunggu ketika Ratna berada di kursi terdakwa tapi majelis hakim belum memasuki ruang sidang, momen pengacungan dua jari itu terjadi. Ratna mengacungkan dua jari ke arah pengunjung.

Sidang Perdana Ratna Sarumpaet / Sidang perdana Ratna Sarumpaet (Grandyos Zafna/detikcom)


Setelah hakim mengetok palu sidang, Ratna menyalami hakim. Sesaat sebelum meninggalkan ruang sidang, dia kembali berpose dua jari sambil melihat ke arah wartawan.



'Simbol Gue'

Ratna mengatakan salam dua jari itu tak terkait BPN Prabowo-Sandi. Dia menyebutnya sebagai 'simbol gue'.

"Nggak dong. Nggak baik gitu dan itu saya nggak mau menganggap itu sebagai ucapan BPN ya. Saya kan warga negara, saya umat Islam juga, dan ini simbol gue juga," kata Ratna saat menuju Rutan Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (6/3/2019)




Ratna enggan menanggapi lebih lanjut tentang polemik salam 2 jari itu. Ratna mengaku telah mendukung Prabowo sejak dulu.

"Dan itu bukan BPN, itu hanya satu orang yang ngomong. Saya ya biasa saja kan, memang aku dari dulu mendukung Pak Prabowo. Kan dari badan pemenangan mereka, lalu mau apa?" cetusnya.

Ratna Sarumpaet Salam 2 Jari di Sidang Eksepsi / Ratna Sarumpaet mengacungkan salam 2 Jari di sidang eksepsi. (Lamhot Aritonang/detikcom)


Sidang Pemeriksaan Saksi

Dia tetap mengacungkan salam dua jari dalam sidang pemeriksaan saksi pada Selasa (9/4/2019), sebelum pencoblosan Pilpres 2019. Ratna juga mendoakan pemilu damai.

"Mudah-mudahan damai, baik-baik saja semua," kata Ratna Sarumpaet di sela sidang lanjutan.



Tetap Dua Jari di Sidang Vonis

Ratna sempat melakukan pose salam dua jari saat berada di ruang sidang sebelum pembacaan vonis dimulai pada Kamis (11/7/2019). Ratna Sarumpaet memasuki ruang sidang sambil mengumbar senyuman. Dia memakai kemeja putih dan jilbab cokelat.

Ratna Sarumpaet di sidang vonis / Ratna Sarumpaet di sidang vonis (Rifkianto Nugroho/detikcom)


Ratna, yang duduk di kursi terdakwa, sempat melakukan pose salam dua jari saat namanya dipanggil awak media. Dia mengumbar senyum menjelang sidang dimulai. Tak hanya pose dua jari, kadang Ratna juga melambaikan tangan.



Dalam kasus ini, Ratna divonis 2 tahun penjara. Hakim menyebut cerita bohong (hoax) penganiayaan Ratna Sarumpaet memunculkan benih-benih keonaran. Ratna Sarumpaet dinilai sadar penyebaran hoax bisa memunculkan reaksi.


Simak Juga 'Jelang Vonis, Ratna Sarumpaet Masih Sempat Salam Dua Jari':

[Gambas:Video 20detik]



Simak Video "Kuasa Hukum Adam Tolak Hoax Babi Ngepet Disamakan dengan Kasus Ratna Sarumpaet"
[Gambas:Video 20detik]
(imk/zak)