Round-Up

Terlunta Para Pencari Suaka di Kebon Sirih

Isal Mawardi - detikNews
Minggu, 07 Jul 2019 08:21 WIB
Pencari suaka di Kebon Sirih (Foto: Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Konflik di negara asal membuat para pengungsi mencari suaka di negara lain. Di Jakarta, para pencari suaka pun masih terlunta-lunta.

Sejumlah orang mendirikan tenda di trotoar di Jalan Kebon Sirih, Jakarta Pusat. Sebelum tiba di pusat kota, mereka sudah lebih dulu bermukim di Kalideres, Jakarta Barat.

Kondisi di Kebon Sirih tak jauh beda dengan di Kalideres. Para pencari suaka hidup dengan belas kasih dari masyarakat sekitar.


Dirangkum detikcom, Sabtu (6/7/2019), para pencari suaka tidur dan duduk di atas alas yang digelar di trotoar. Di lokasi tampak barang-barang lain seperti koper, galon, payung, tas, dan lainnya. Di antara mereka juga ada yang membuka tenda.

Seorang pencari suaka, Nasir Muhammad (27), mengaku pindah dari Kalideres bersama sekitar 100 pencari suaka lainnya. Mereka menunggu tindakan dari UNHCR.

Pencari suaka saat makan siangPencari suaka saat makan siang (Isal Mawardi/detikcom)

"Ya kita ada di sana (Kalideres) 1 tahun 5 bulan. Kita nungguin di imigrasi sama pengungsi, sama UNHCR, tapi mereka nggak ada kabar," ujar Nasir dalam Bahasa Indonesia yang tidak lancar.


Pencari suaka lain, Syringga (23) pindah dari Kalideres ke Kebon Sirih berharap ada empati lebih baik. Namun, tinggal di trotoar, Syringga mengaku kesulitan tidur. Diketahui, para pencari suaka di Kebon Sirih tak cuma lelaki atau perempuan dewasa, di antara mereka juga ada anak-anak.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Evakuasi Pencari Suaka di Kebon Sirih Berujung Ricuh"
[Gambas:Video 20detik]