9.843 Ha Lahan Pertanian 4 Kabupaten di Banten Dilanda Kekeringan

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Kamis, 04 Jul 2019 11:24 WIB
Foto: Adeng Bustomi/Antara Foto
Serang - Seluas 9.843 hektare lahan pertanian empat kabupaten di Banten mengalami kekeringan. Tapi belum ada laporan soal gagal panen (puso).

Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten Agus Tauchid mengatakan, 6.211 hektare lahan mengalami kekeringan ringan, 3.337 hektare kekeringan sedang, dan 295 hektare berstatus kekeringan berat per 2 Juli 2019.

Kekeringan paling luas terjadi di Pandeglang, yakni 9.019 hektare, Lebak 455 hektare, Serang 272 hektare, dan Tangerang 97 hektare.




"Yang kekeringan di Tangerang itu sudah bisa kami atasi, dan yang puso untuk kekeringan semua wilayah ini kami pastikan belum ada," kata Agus saat dihubungi di Serang, Banten, Kamis (4/7/2019).

Sebagai antisipasi agar kekeringan tidak meluas, petugas meminta petani tak menanam di sawah tadah hujan. Petani diminta menanam di lokasi yang punya akses pengairan dari irigasi.

"9.843 hektare ini belum signifikan mempengaruhi ketahanan pangan Banten. Kalaupun gagal semua, yang berpengaruh hanya 2 persen, tapi ini masih bisa terselamatkan," ujarnya.




Sementara itu, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan potensi kekeringan meteorologis yang terjadi di beberapa wilayah Banten.

Beberapa daerah di Banten telah mengalami hari tanpa hujan (HTH) kurang-lebih 31 hari, seperti di Lebak, Pandeglang, dan Tangerang. Ini menandakan status siaga di daerah tersebut.

Simak Video "Pria Asal Serang Bunuh Janda Pakai Racun Tikus Gegara Hamil"
[Gambas:Video 20detik]
(bri/fdn)