detikNews
2019/05/22 04:50:14 WIB

Round-Up

KPK Sekali Dayung, 2 Kasus Proyek Kapal Digulung

Tim detikcom - detikNews
Halaman 4 dari 4
KPK Sekali Dayung, 2 Kasus Proyek Kapal Digulung Kapal SKIPI bernama Orca yang pengadaannya diduga terselubung korupsi. (Dok. detikcom)


Sebelum mengumumkan tersangka tersebut, KPK sudah menggeledah sejumlah lokasi, yaitu kantor KKP di Gedung Mina Bahari, khususnya di Direktorat Jenderal Pengawasan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan; kantor PT DRU di Tanjung Priok; serta 3 rumah tersangka dan saksi yang berlokasi di Menteng, Grogol, dan Bekasi. Atas penggeledahan itu, Menteri KKP Susi Pudjiastuti sudah angkat bicara.

"Penggeledahan memang tindakan yang perlu dilakukan dalam penegakan hukum oleh KPK karena penggeledahan adalah hak dari KPK sesuai dengan UU KPK. Kami memahami itu sebagai suatu hal yang biasa dan wajar serta legal untuk mendapatkan barang bukti dari dugaan tindak pidana korupsi. Oleh sebab itu, KKP mempersilakan dan kita selalu akan kooperatif bekerja sama dengan KPK untuk memperlancar tugas-tugas KPK," tutur Susi dalam keterangan tertulis, Sabtu (18/5/2019).

Sedangkan Ditjen BC baru angkat bicara setelah pengumuman tersangka di KPK. Kepala Subdirektorat Komunikasi dan Publikasi Bea Cukai Deni Surjantoro mengaku menyerahkan sepenuhnya proses hukum kepada KPK.


"Bea Cukai akan mendukung penuh KPK dalam rangka penegakan hukum. Terkait substansi kasus, Bea Cukai menyerahkan sepenuhnya kepada penyidik KPK dalam rangka menghormati proses hukum dan agar tidak mengganggu jalannya proses penyidikan," ucap Deni.

Selain itu, atas penyidikan itu KPK telah mengirimkan surat permintaan pencegahan ke luar negeri untuk 4 tersangka itu ke Direktorat Jenderal Imigrasi. Selain itu, permintaan serupa ditujukan untuk Steven Angga Prana, karyawan PT DRU dalam kapasitas sebagai saksi.

"Mereka dilarang ke luar negeri selama 6 bulan ke depan terhitung sejak 7 Mei 2019," kata Saut.
(dhn/tsa)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed