Gandeng Milenial, Polres Bogor Ingin Tekan Angka Kecelakaan Lalin

Farhan - detikNews
Minggu, 03 Mar 2019 18:30 WIB
Foto: Polres Bogor menggelar Millenial Road Safety Festival (MRSF) (Dok Polres Bogor)
Bogor - Jajaran Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Bogor menggelar Millenial Road Safety Festival (MRSF). Dengan menggandeng kaum milenial, Polres Bogor berharap angka kecelakaan lalu lintas bisa ditekan.

MRSF ini digelar di Stadion Pakansari, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Minggu (3/3/2019). Hadir Kapolres Bogor AKBP AM Dicky Pastika Gading, Kasat Lantas Polres Bogor AKP Muhammad Fadli.

Acara ini dihadiri ribuan kalangan milenial dari berbagai komunitas seperti komunitas sepeda motor, mobil serta pelajar se-Kabupaten Bogor. Band Naif yang diundang menjadi bintang tamu sukses memukau para peserta lewat lagu-lagu hits yang mereka bawakan.

Gandeng Milenial, Polres Bogor Ingin Tekan Angka Kecelakaan Lalu LintasFoto: Polres Bogor menggelar Millenial Road Safety Festival (MRSF) (Dok Polres Bogor)


AKBP Dicky menjelaskan, MSFR merupakan upaya meningkatkan kesadaran serta menekan tingginya angka kecelakaan lalu lintas. Ini terus dikampanyekan dan disosialisasikan Polri, termasuk jajaran Polres Bogor melalui berbagai kegiatan. Dicky mengatakan, kecelakaan lalu lintas masuk kasus terbesar penyebab kematian.

"Jadi kasus kematian di jalan raya, angkanya itu cukup memprihatinkan. Ini (kecelakaan hingga meninggal dunia) banyak menimpa kaum milenial. Oleh karena itu kita mulai mensosialisasikan tentang pentingnya keamanan dan keselamatan dalam berkendara," ujar Dicky dalam keterangan resmi yang diterima detikcom hari ini.



Dicky mengatakan, adrenalin anak muda sulit terkontrol saat berkendara. Ada banyak kaum milenial yang menyalurkan adrenalin di jalan raya dengan cara kebut-kebutan tanpa helm.

"Ini justru berbahaya, kita berharap mereka dapat meraih cita-citanya sebagai generasi bangsa itu dengan selamat. Kita tidak melarang kaum milenial untuk berkendara, tapi yang kita inginkan mereka berkendara dengan safety," ucap AKBP Dicky.

Kasatlantas Polres Bogor AKP Muhammad Fadli juga menyampaikan hal senada dengan AKBP Dicky di kesempatan yang sama. Dia berharap pesan kegiatan sosialisasi MRSF ini dapat efektif menekan angka kecelakan lalu lintas, khususnya di Kabupaten Bogor.

"Sebab generasi milenial adalah harapan bangsa, jangan gadaikan masa depan yang cerah dengan kesenangan sesaat di jalan raya. Kaum milenial harus menjadi contoh dan pionir dalam keselamatan berlalu lintas," ucapnya.



"Maka dari itu kita berharap, pesan dari berbagai rangkaian kegiatan sosialisasi melalui Millenial Road Safety Festival kali ini dapat sampai dan efektif menekan jumlah kecelakaan lalu lintas," sambungnya.

AKP Fadli mengaku bersyukur acara ini banyak mendapat dukungan dan menarik minat ribuan peserta yang sebagian besar adalah kalangan milenial.
Dia mengatakan, acara ini sengaja dikemas santai melalui hiburan yang dimeriahkan Band Naif. Sebelumnya sempat dilakukan jalan sehat, pertunjukan paskibraka, polisi cilik, kesenian sunda rampak gendang, free style dan safety riding.

"Itu semua agar masyarakat, khususnya kalangan milenial sadar tentang pentingnya keselamatan dan keamanan berkendara. Bahkan tadi sempat kita datangkan salah satu korban kecelakaan untuk menyampaikan testimoninya agar pengalaman tragis yang dialaminya jadi pembelajaran," ujarnya.

Sementara itu, Bupati Bogor Ade Yasin yang didaulat memimpin pembacaan deklarasi keselamatan berkendara, mengapresiasi upaya Satlantas Polres Bogor dalam mencegah dan meminimalisir angka kecelakaan. Ade berharap acara ini memberi pemahaman yang mendalam bagi milenial tentang keselamatan saat berkendara sehingga dapat memperkecil terjadinya kecelakaan.

Gandeng Milenial, Polres Bogor Ingin Tekan Angka Kecelakaan Lalu LintasFoto: Polres Bogor menggelar Millenial Road Safety Festival (MRSF) (Dok Polres Bogor)


"Karena sekarang anak-anak muda sudah banyak yang bisa mengendarai motor bahkan sudah bisa mengendarai mobil. Jadi acara ini bagus untuk mengedukasi para millenial," katanya.

Menurut Ade, acara MRSF tersebut penting agar lebih banyak dikampayekan ke sekolah-sekolah di Kabupaten Bogor.

"Kita juga akan mensosialisasikan kepada sekolah-sekolah agar senantiasa sadar selalu tentang manfaat tertibnya berlalu lintas agar terhindar atau mencegah dari kecelakaan lalu lintas," katanya.

(rvk/hri)