DetikNews
Rabu 26 Desember 2018, 09:59 WIB

Pemprov DKI akan Putuskan Perpanjangan Ganjil-Genap Besok

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Pemprov DKI akan Putuskan Perpanjangan Ganjil-Genap Besok Pemprov DKI akan mengumumkan kelanjutan sistem ganjil-genap, Kamis (27/12) besok. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan memutuskan melanjutkan atau tidak kebijakan ganjil-genap besok. Semua masukan dari pihak terkait akan dipertimbangkan.

"Rencana finalisasi di tanggal 27 Desember besok. Rapat evaluasi dan penetapan kebijakan lanjutannya jadi 27 Desember. Besok akan diputuskan lanjut-tidaknya," kata Plt Kepala Dinas Perhubungan DKI Sigit Widjatmoko di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Senin (26/12/2018).


Sigit mengatakan pertimbangan yang akan menjadi catatan khusus di antaranya kesadaran warga menggunakan transportasi umum yang meningkat. Hal tersebut akan dibahas dalam focus group discussion (FGD).

"Kita punya masukan punya beberapa catatan baik dari sisi penegakan hukum. Baik sisi efektivitas, peningkatan pengguna angkutan umum kita pertimbangkan itu," ucapnya.


Sigit menuturkan sebagian besar masukan yang datang menyarankan perpanjangan masa berlaku ganjil-genap. Dia menuturkan, bila masa berlaku itu diperpanjang, akan ada modifikasi wilayah ganjil-genap yang baru.

"Ada masukan terkait efektivitas penegakan hukum. Sehingga misalnya aturan terkait simpang terdekat ini dihilangkan supaya tidak ada kegamangan dalam sisi pengguna maupun sisi penegak hukumnya," ucapnya.


Sistem ganjil-genap yang diberlakukan di sejumlah ruas jalan di DKI Jakarta akan berakhir pada 31 Desember 2018. Beberapa pihak mengusulkan sistem tersebut diteruskan tahun depan.


Saksikan juga video 'Kebijakan ERP Gantikan Ganjil-Genap, Diberlakukan Akhir 2019':

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed