DetikNews
Rabu 26 September 2018, 18:20 WIB

Cabut Izin Reklamasi, Ini Kata Anies soal Nasib Kontribusi Tambahan

Indra Komara - detikNews
Cabut Izin Reklamasi, Ini Kata Anies soal Nasib Kontribusi Tambahan Pulau Reklamasi/Foto: Pradita Utama
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Pemprov tetap memperhitungkan kontribusi tambahan perusahaan pengembang reklamasi yang sudah digunakan.

"Khusus kepada pihak-pihak perusahaan-perusahaan yang dulu belum melakukan reklamasi tapi sudah memberikan kontribusi tambahan seperti rumah susun, jalan Inspeksi, sarana prasana lain, itu semua akan diperhitungkan sebagai aset," kata Anies di Balai Kota, Jakarta Pusat, Rabu (26/9/2018).

"Dan nanti akan diperhitungkan bila mereka melakukan pembangunan dan perlu kontribusi tambahan, maka itu bisa diperhitungkan," lanjutnya.

Anies menyinggung pola pemberian kontribusi tambahan meski urusan reklamasi belum rampung.




"Ini salah satu contoh bahwa belum apa-apa sudah ada kontribusi tambahan. Padahal belum dijalankan, nah itu semua nanti kita akan catat," papar Anies.

Anies mengatakan Pemprov saat ini akan menyelesaikan Perda zonasi wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Anies menyebut reklamasi menjadi bagian sejarah Jakarta tapi bukan masa depan Ibu Kota.




"Kemudian kita akan menyiapkan perencanaan tata ruang untuk masyarakat dan pemerintah Pemprov DKI akan fokus pada pemulihan wilayah teluk Jakarta. Utamanya pada aspek perbaikan kualitas air sungai, pelayanan air bersih, pengolahan limbah dan antisipasi Land subsidence," jelasnya.

"Reklamasi bagian sejarah, tapi bukan bagian masa depan Jakarta," kata Anies.
(idn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed