ADVERTISEMENT

Selain Kasus Pak RW Dibui, Ini Kisah Bertetangga Berujung Penjara

Andi Saputra - detikNews
Minggu, 02 Sep 2018 18:56 WIB
Foto: Jalan dipersempit (ibnu/detikcom)
Makassar - Ketua RW di Makassar, Sulawesi Selatan (Sulsel), Sudirman (51) kini meringkuk di bui. Pangkalnya, terjadi keributan dengan tetangganya yang membangun gedung sehingga membuat jalan akses keluar rumah berkurang dari 2 meter menjadi 1 meter.

Kasus 'remeh-temeh' bertetangga di atas bukan hal baru. Dalam catatan detikcom, Minggu (2/9/2018), kasus serupa kerap terjadi. Seperti di Pekanbaru, seorang bidan, Susanti, harus berurusan dengan pengadilan karena masalah pagar seng. Bahkan telah sampai ke pengadilan tertinggi, Mahkamah Agung (MA).


Kisah ini bermula saat Susanti merasa terganggu ulah tetangganya Wan Syamsul Herman yang membuat pagar seng di depan rumahnya. Syamsul memagari tanahnya dengan seng dan kayu seadanya. Pemagaran ini dinilai menganggu mata pencaharian Susanti.

Sebab gara-gara pagar tersebut, orang enggan datang ke praktik sang bidan. Akibatnya, Susanti menebas seng dan membabat tiang pancang pagar dengan menggunakan parang dan kapak. Tidak terima pagar sengnya dirusak, Syamsul pun mempolisikan Susanti.

Pada Februari 2009, PN Pekanbaru menjatuhkan vonis 8 bulan dengan masa percobaan 15 bulan. Putusan ini bertahan hingga kasasi MA.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT