DetikNews
Kamis 28 Juni 2018, 06:00 WIB

Akhir Keberadaan Liar Ikan Arapaima di Sungai Brantas

Niken Purnamasari - detikNews
Akhir Keberadaan Liar Ikan Arapaima di Sungai Brantas Ikan Arapaima di Sungai Brantas. Foto: dok. Riska Darmawanti
Jakarta -

Kemunculan ikan predator Arapaima gigas sempat membuat heboh warga di sekitar Sungai Brantas, Jawa Timur. Setelah beberapa hari meneror ikan-ikan lain di sungai Brantas, akhirnya seluruh ikan predator itu berhasil ditangkap.

Keberadaan ikan-ikan tersebut diketahui dari video yang beredar viral di media sosial. Dari video itu terlihat ada sekitar delapan ekor ikan Arapaima yang dilepas ke Sungai Brantas.

Setelah diselidiki, pemilik ikan diketahui berinisial HG. Kepala Balai Karantina Ikan, Pengendalian Mutu, dan Keamanan (KIPM) Wilayah Surabaya I, Muhlin, mengatakan pemilik ikan, HG, saat diselidiki menyebut ada 30 ekor ikan Arapaima yang dia miliki.

HG, pemilik ikan Arapaima gigas mengaku tak melepas ikan predator itu ke Sungai Brantas. Dia hanya memberi ke ikan yang sudah lama dipeliharanya itu ke rekan.

"Kami masih selidiki. Kemarin dia bilang ke saya, dia ngasih (
ikan Arapaima) ke teman. Dia titip jangan sekali-kali dibunuh karena ikan itu sudah lama dipeliharanya," ujar Muhlin kepada detikcom, Rabu (27/6/2018).

"Mengelaknya begitu. Titip pesan jangan dibunuh karena sudah keluar banyak biaya," lanjutnya.


Simak Video Pelepasan Ikan Arapaima di Sungai Brantas:

[Gambas:Video 20detik]



Empat ekor
ikan Arapaima ada di kolam budi daya yang berada di rumah HG di Desa Canggu, Mojokerto. Kemudian, 18 ekor lainnya ditemukan di rumah HG di Desa Trosobo, Sidoarjo. Sisanya delapan ekor dilepas ke Sungai Brantas.

"Kami sudah bertemu pemilik untuk minta keterangan. Ada sisanya dia buang di Sungai Brantas delapan ekor," ujar Muhlin kepada detikcom, Rabu (27/6/2018).


Muhlin mengatakan delapan ikan tersebut sudah tertangkap seluruhnya di Sungai Brantas pada Rabu (27/6).

"Informasi dari kepala desa, sudah delapan ekor ditangkap. Mudah-mudahan, kalau pemilik (HG) kemarin kan bilang delapan ekor yang dilepas, berarti sudah nggak ada. Kemarin ada tiga yang ditangkap, lalu Selasa ada lima ekor yang ditangkap," kata Muhlin.

Akhir Keberadaan Liar Ikan Arapaima di Sungai Brantas

(nkn/ams)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed