Di Istanbul, Syahrini Juga Wajib Posting First Travel

Zunita Amalia Putri - detikNews
Senin, 02 Apr 2018 13:38 WIB
Syahrini mengaku mem-posting foto dengan hashtag First Travel di akun Instagram. (Zunita Amalia Putri/detikcom)
Jakarta - Setelah mengikuti perjalanan umrah VVIP First Travel, Syahrini mengaku melanjutkan perjalanan ke Istanbul, Turki. Di Istanbul, Syahrini diwajibkan mem-posting dengan hashtag First Travel.

"Saya harus posting juga di Istanbul. Hanya city tour ke Istanbul," ujar Syahrini dalam sidang lanjutan bos First Travel di Pengadilan Negeri Depok, Jl Boulevard, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Senin (2/4/2018).



Menurut Syahrini, tidak ada kegiatan khusus berkaitan dengan First Travel di Istanbul. Tugas Syahrini terkait kerja sama dengan First Travel paling banyak dilakukan saat perjalanan umrah dengan cara mem-posting di Instagram menggunakan hashtag First Travel dan hashtag umrah VVIP.

"Saya waktu itu di hari ketiga di Mekah dikasih tahu adik saya, harus mengunjungi jemaah reguler. Sudah itu saja," ujar Syahrini.



Kerja sama dengan First Travel ini disebut Syahrini diurus adiknya. Dia mengaku membayar duit tiket Rp 167 juta. Ada 12 anggota keluarga yang ikut umrah bersama Syahrini.

"Tiket saya bayar, kan. Cuma saya bayar perjalanan umrah reguler (dapat VVIP) tapi dengan syarat saya harus posting, Pak," kata Syahrini.

Jaksa dalam dakwaan menyebut bos First Travel menggandeng Syahrini untuk mempromosikan paket umrah dengan menjalankan ibadah umrah fasilitas VIP plus.



Menurut jaksa, ada imbal balik yang diberikan Syahrini, yakni keharusan menggunakan atribut First Travel serta membuat vlog dan mem-posting rangkaian perjalanan dengan menggunakan hashtag First Travel.

Soal perjalanan Turki dan umrah VVIP, eks pegawai First Travel, Regiana Azachira, pernah berbicara dalam persidangan sebelumnya.

[Gambas:Video 20detik]


Dalam berita acara pemeriksaan (BAP), Regiana menyebut First Travel merogoh uang Rp 1 miliar untuk membiayai Syahrini umrah dan pelesir.

First Travel memberangkatkan Syahrini dengan membawa 11 peserta dan keberangkatan ini gratis berupa paket umrah dan jalan-jalan ke Turki senilai Rp 1 miliar," ujar Regiana dalam BAP yang dibacakan dalam sidang. (fdn/fdn)