DetikNews
Senin 12 Maret 2018, 11:36 WIB

Kesaksian Korban First Travel, Tertarik Promo Umrah Di-endorse Artis

Zunita Amalia Putri - detikNews
Kesaksian Korban First Travel, Tertarik Promo Umrah Di-endorse Artis Sidang bos First Travel di PN Depok, Senin (12/3/2018) Foto: Zunita Amalia Putri-detikcom
Depok - First Travel berhasil menarik banyak calon jemaah umrah lewat promosi gencar di media sosial dibarengi endorse artis. Promosi paket umrah murah memikat calon jemaah.

[Gambas:Video 20detik]


"Saya mencari tahu lewat socmed. Saya lihat video dan ada artisnya juga jadi saya tertarik," kata Marsonah (47) calon jemaah umrah First Travel saat bersaksi dalam sidang lanjutan bos First Travel di Pengadilan Negeri Depok, Jl Boulevard, Cilodong, Senin (12/3/2018).



Promosi paket umrah menurut Marsonah disebarkan para agen First Travel lewat Facebook. Agen juga aktif membagikan video para artis yang pernah ikut paket umrah First Travel.

Marsonah mendaftarkan diri mengikuti paket umrah promo dengan harga Rp 14,3 juta untuk keberangkatan pada tahun 2017. Namun pada Maret 2017, Marsonah ditawari perubahan paket dengan carter pesawat dengan biaya tambahan Rp 2,5 juta.

"Jadwalnya berangkat 29 Mei 2017, tapi tidak berangkat," ujar Marsonah.



Soal promo gencar-gencaran First Travel juga diakui calon jemaah umrah lainnya, Iriyanti (56). "Saya tertarik promo saja, lihat dari Instagram, Facebook sangat menjanjikan sekali dilihat fasilitas kenyamanan," tuturnya.

Jaksa dalam surat dakwaan menyebut bos First Travel, Andika Surachman dan Anniesa Hasibuan menawarkan sejumlah paket umrah. Pertama paket umrah promo dengan harga Rp 14,3 juta; kedua, paket umrah reguler yang harganya Rp 26,613 juta dan paket VIP dengan harga per orang Rp 54 juta.



Jaksa menyebut ada 63.310 calon jemaah yang jadi korban penipuan dan penggelapan karena gagal berangkat umrah. Total kerugian calon jemaah nilainya mencapai Rp 1 triliun.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed