DetikNews
Senin 05 Maret 2018, 08:03 WIB

Ingat! Operasi Keselamatan Dimulai Hari Ini

Mei Amelia R - detikNews
Ingat! Operasi Keselamatan Dimulai Hari Ini Ilustrasi Foto: Grandyos Zafna
Jakarta - Operasi Keselamatan Jaya 2018 dimulai Senin 5 Maret 2018 ini. Operasi lebih banyak menekankan pada kegiatan preemtif dan preventif.

"Kegiatannya delapan puluh persen preemtif dan preventif. Sedangkan untuk penegakan hukum hanya dua puluh persen saja," kata Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto kepada detikcom, Senin (5/3/2018).



Kegiatan penegakan hukum (represif) pun lebih banyak mengedepankan teguran. Sementara penindakan berupa tilang hanya diberikan kepada pengendara lalu lintas yang berpotensi terhadap fatalitas kecelakaan.



"Kita akan berikan teguran kepada pelanggar, kecuali pelanggaran yang sifatnya menimbulkan fatalitas kecelakaan," imbuhnya.


Kegiatan ini lebih banyak mengedepankan kampanye keselamatan ke sekolah-sekolah, sosialisasi, hingga menyebarkan brosur tentang keamanan dan ketertiban serta kelancaran berlalu lintas. Operasi ini bertujuan untuk menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas.

Operasi ini digelar selama 21 hari sampai dengan tanggal 25 Maret 2018. Tidak hanya di jalur arteri, operasi juga dilakukan di jalan tol.


(mei/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed