KPK Lelang Jabatan Deputi Penindakan Selepas Heru Jadi Kepala BNN

Niken Purnamasari - detikNews
Kamis, 01 Mar 2018 11:51 WIB
Ketua KPK Agus Rahardjo (Foto: Ari Saputra/detikcom)
Jakarta - Irjen Heru Winarko telah dilantik Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN). Jabatan Heru sebelumnya, Deputi Penindakan KPK, berarti kosong dan akan dilelang oleh KPK.


"Ada (lelang), ada kompetisi, selalu kompetisi. Kita lakukan dengan terbuka," ucap Ketua KPK Agus Rahardjo di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Kamis (1/3/2018).


Untuk jabatan tersebut, Agus mengatakan lelang terbuka untuk instansi manapun termasuk kepolisian maupun kejaksaan, meski posisi itu selalu diisi 2 institusi tersebut. Nantinya, proses seleksi akan dilakukan sesuai dengan prosedur di KPK.


"Kita undang kejaksaan, kita undang polisi juga dari dalam. Ya biasanya dari dulu deputi penindakan kalau nggak polisi, jaksa. Ganti-gantian. Nanti kita undang dan kita lihat," kata Agus.

Namun untuk sementara--sebelum lelang jabatan dilakukan--posisi tersebut akan diisi direktur pelaksana. Agus mengaku akan melakukan tes pada direktur pelaksana untuk mengisi jabatan itu sementara.


"Ya nanti salah satu direktur di bawahnya jadi Plt, tapi segera akan kita lakukan tes. Segera itu nggak lama," ucap Agus.


"Insyaallah tanggal 9 Maret kita sudah dapat lembaga yang mengetesnya karena di-tender. Tanggal 10 tesnya. Mudah-mudahan tanggal 10, bukan hari Minggu," imbuh Agus. (nkn/dhn)