DetikNews
Kamis 22 Februari 2018, 06:18 WIB

Timeline Novel Diserang Hingga #NovelKembali

Rina Atriana - detikNews
Timeline Novel Diserang Hingga #NovelKembali Novel Baswedan (Foto: Dok. Istimewa)
Jakarta - Begitu banyak hal yang mewarnai perjalanan kasus penyiraman air keras terhadap Novel Baswedan. Sepuluh bulan berlalu dan pelakunya masih misterius.

Berikut perjalanan kasus penyidik senior KPK itu berdasarkan catatan detikcom, Kamis (22/2/2018):

11 April 2017
Novel Baswedan disiram air keras oleh orang tak dikenal usai salat subuh di masjid dekat rumahnya di Kelapa Gading, Jakarta Utara. Sesaat setelah kejadian Novel dilarikan ke RS Mitra Keluarga sebelum akhirnya dirujuk Jakarta Eye Center.

13 April 2017
Novel Baswedan dirujuk ke Singapore National Eye Centre (SNEC) di Singapura. Pemerintah menegaskan biaya pengobatan Novel menggunakan anggaran Kepresidenan.

16 April 2017
KPK menyatakan ada tekanan di kedua mata Novel. Tim medis fokus penyembuhan pada selaput mata. Jika pertumbuhan selaput mata lambat, ada kemungkinan mata Novel dicangkok.


21 April 2017
Polisi memeriksa 2 orang mencurigakan yang setelah diselidiki ternyata bukan merupakan pelaku penyiraman.

Mei 2017
Tim dari Polri terbang ke Singapura untuk memeriksa Novel. Desakan dibentuknya Tim Gabungan Pencari Fakta (TGPF) mulai menggema. Pada akhirnya Polri menganggap belum perlu adanya TGPF.

15 Mei 2017
Mata kanan Novel mengalami peradangan. Sementara itu kadar potasium dalam darah Novel tercatat normal.

Juni 2017
Novel kepada media AS TIME menyebut adanya kemungkinan keterlibatan jenderal di balik teror terhadapnya. Terkait hal ini Poliri lalu mengirim tim ke Singapura.


31 Juli 2017
Kapolri Jenderal Tito Karnavian menemui Presiden Joko Widodo di Istana Negara membahas progres kasus Novel. Jokowi minta diusut sampai tuntas.

Agustus 2017
Polisi menunjukkan satu sketsa terduga pelaku penyiraman Novel. Sampai akhirnya ada 4 sketsa yang disebar hingga akhir 2017.

11 November 2017
Kesehatan mata Novel terus membaik. Namun untuk sementara mata kirinya tak bisa digunakan.


12 Februari 2018
Novel menjalani operasi tambahan untuk mata kirinya. Novel direncanakan segera pulang ke tanah air untuk kemudian menjalani rawat jalan.

22 Februari 2018
Novel dijadwalkan kembali ke tanah air.
(rna/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed