DetikNews
2018/02/22 05:56:15 WIB

Progres Kesehatan Novel dari Penyiraman Hingga Kembali Pulang

- detikNews
Halaman 1 dari 2
Progres Kesehatan Novel dari Penyiraman Hingga Kembali Pulang Novel Baswedan (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta - Penyidik KPK Novel Baswedan langsung dilarikan ke rumah sakit sesaat setelah matanya disiram air keras berjenis asam sulfat oleh orang tak dikenal. Novel juga langsung menjalani operasi pembersihan air keras di mata kirinya.

[Gambas:Video 20detik]



Sekitar 2 jam setelah kejadian, beredar foto Novel dengan luka di kening dan bagian mata. Luka di wajah Novel juga lantaran dia sempat terbentur pohon saat mencari air untuk membasuk luka.

Akibat air keras, penglihatan dari mata kiri Novel menjadi kabur. Usai operasi pembersihan, Novel kemudian dibawa ke Jakarta Eye Center Menteng, Jakarta Pusat.

Esok harinya, Novel dirujuk ke rumah sakit di Singapura. Wakil Presiden Jusuf Kalla memastikan biaya pengobatan Novel ditanggung oleh negara, dalam hal ini anggaran Kepresidenan. KPK pun berterima kasih terkait hal ini.


Pada 16 April 2017, KPK menyatakan ada tekanan di kedua mata Novel. Tim medis fokus penyembuhan pada selaput mata. Jika pertumbuhan selaput mata lambat, ada kemungkinan mata Novel dicangkok.

"Kita mendapat info bahwa ternyata efek zat asam yang digunakan pada Selasa (11/4) subuh minggu lalu tersebut, selain mengenai mata, juga mengenai rongga hidung Novel. Sehingga dilakukan pemeriksaan mendalam tadi," kata Jubir KPK, Febri Diansyah, Kamis (20/4).

Dokter membersihkan bagian rongga hidung sebelah kanan dan kiri Novel. Perkembangan kesehatan mata Novel diketahui terus membaik.
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed