DetikNews
Minggu 24 Desember 2017, 14:34 WIB

Kadishub DKI: 90% Angkutan Umum di Jakarta Berusia di Atas 10 Tahun

Mei Amelia R - detikNews
Kadishub DKI: 90% Angkutan Umum di Jakarta Berusia di Atas 10 Tahun Foto: Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah (Marlina Oktavia Erwanti/detikcom)
Jakarta - Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta akan menertibkan angkutan umum yang berusia di atas 10 tahun. Dishub DKI mencatat, hampir semua angkutan umum yang ada di Jakarta berusia tua.

"Rata-rata hampir 90 persen di atas 10 tahun," kata Kadishub DKI Jakarta Andri Yansyah kepada detikcom, Minggu (24/12/2017).

Dishub DKI Jakarta sendiri telah mengeluarkan edaran terkait batas waktu izin operasi angkutan umum usia di atas 10 tahun hingga 31 Desember 2017. Jika pada 1 Januari 2018 ditemukan adanya kendaraan tua yang masih beroperasi, akan dilakukan penindakan mulai dari tilang dan penyetopan operasi.

Meski demikian, Andri menyatakan bahwa aturan tersebut dilakukan tiga tahapan. Tahap pertama dilakukan pada 2016 dan tinggal 2/3 lagi belum diperbaharui.

Jadi besok 2018 yang kita keluarkan izin hanya sepertiga saja yang lama, yang di bawah (usia) 10 tahun tetap kita berikan izin," ungkapnya.



Tahap ketiga dilakukan pada tahun 2019. Diharapkan, di tahun 2019, seluruh angkutan umum yang ada di Jakarta kondisinya sudah baru.

"Kalau waktu 2016 kita tertibkan semua, yang rugi masyarakat juga tidak ada yang mengangkut. Sehingga kita diskusi dengan operator dan Organda kita ambil kebijakan sepertiga-sepertiga terlebih dahulu," jelas Andri.

Di 2018, Dishub DKI Jakarta masih akan memberikan izin untuk sepertiga angkutan umum yang masih berusia di atas 10 tahun. Dengan ketentuan, kendaraan tersebut harus melalui uji KIR terlebih dahulu.

"Tetapi walau (masih ada yang usia kendaraan) di atas 10 tahun harus melalui uji KIR," tutur Andri.
(mei/nvl)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed