DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 18:10 WIB

Dakwaan Dibacakan, Pengacara Setya Novanto Sebut Praperadilan Gugur

Haris Fadhil, Aditya Mardiastuti - detikNews
Dakwaan Dibacakan, Pengacara Setya Novanto Sebut Praperadilan Gugur Setya Novanto menjalani sidang perdana di Pengadilan Tipikor, Rabu (13/12/2017). (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Pengacara Setya Novanto memastikan proses praperadilan kliennya gugur. Sebab, surat dakwaan Novanto dalam perkara korupsi e-KTP dibacakan jaksa di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.

"Saya kira secara hukum, dengan surat dakwaan telah dibaca, berarti (praperadilan) gugur. Saya kira pembacaan surat dakwaan untuk menggugurkan praperadilan," ujar Maqdir Ismail di Pengadilan Tipikor, Jalan Bungur Besar, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).



Maqdir menganggap pembacaan surat dakwaan terlalu dipaksakan. Dia menuding jaksa telah memprediksi Novanto akan sakit sehingga mempersiapkan kehadiran dokter.



"Coba lihat dari pagi. Surat yang ditunjukkan itu tadi adalah surat permohonan kepada RS IDI dan RSCM itu tanggal 11 (Desember) untuk menghadirkan dokter-dokter ke sini. Apa urusannya, artinya kan mereka sudah mempersiapkan, paling tidak memprovokasi, bahwa Pak Novanto ini akan sakit atau apa," jelasnya.



Sebelumnya, sidang perdana sempat diskors empat jam karena Novanto mengaku sakit. Hakim pun memerintahkan jaksa serta penasihat hukum menghadirkan dokter untuk memeriksa Novanto.



Hasilnya, Novanto dianggap sehat dan persidangan terus dilanjutkan. Surat dakwaan pun dibacakan oleh jaksa penuntut umum.

Novanto didakwa melakukan intervensi dalam proses penganggaran dan pengadaan barang jasa paket pekerjaan penerapan KTP berbasis nomor induk kependudukan (NIK) secara nasional.


(fdn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed