DetikNews
Rabu 13 Desember 2017, 17:32 WIB

Sidang Setya Novanto

Jaksa Sebut Ganjar Tepis Rayuan Setya Novanto Soal Proyek e-KTP

Aditya Mardiastuti, Haris Fadhil - detikNews
Jaksa Sebut Ganjar Tepis Rayuan Setya Novanto Soal Proyek e-KTP Setya Novanto (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Nama Ganjar Pranowo disebut dalam surat dakwaan Setya Novanto. Novanto, menurut jaksa, pernah berbicara dengan Ganjar Pranowo soal pembahasan anggaran pengadaan e-KTP.

"Selama proses pembahasan anggaran, terdakwa memberikan informasi perkembangan tentang pembahasan anggaran kepada Andi Agustinus alias Andi Narogong," kata jaksa pada KPK membacakan surat dakwaan Setya Novanto di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi, Jl Bungur Besar, Jakarta Pusat, Rabu (13/12/2017).


Novanto, menurut jaksa, berbincang dengan Ganjar karena, selama proses pembahasan anggaran proyek e-KTP, Ganjar, yang saat itu Wakil Ketua Komisi II, banyak mengkritik usulan atau konsep yang diajukan pemerintah.

"Maka sekira akhir 2010 awal 2011 bertempat di Lounge Bandara I Gusti Ngurah Rai, Bali, terdakwa menyampaikan kepada Ganjar Pranowo agar tidak galak-galak untuk urusan KTP elektronik dengan mengatakan, 'Gimana Mas Ganjar, soal e-KTP itu sudah beres? Jangan galak-galak ya,'" papar jaksa.




"Atas penyampaian terdakwa tersebut, Ganjar Pranowo menanggapinya dengan mengatakan, 'Oh gitu ya.... Saya nggak ada urusan,'" kata jaksa dalam surat dakwaan.

Setelah melalui mekanisme pembahasan di Komisi II ataupun Banggar dan intervensi dari Novanto, pada 22 November 2010, Komisi II DPR memberikan persetujuan anggaran terhadap pelaksanaan pengadaan e-KTP tahun 2011.


Novanto didakwa melakukan intervensi dalam proses penganggaran serta pengadaan barang dan jasa paket pengadaan e-KTP secara nasional. Novanto didakwa menerima duit total USD 7,3 juta terkait dengan pengurusan e-KTP.

Uang yang diterima Novanto dan pihak lainnya, ditegaskan jaksa, merupakan bagian dari pembayaran pekerjaan pengadaan e-KTP yang dibayarkan kepada konsorsium PNRI.



(dhn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed