DetikNews
Kamis 07 Desember 2017, 15:50 WIB

Gubernur Anies Lepas 147 Marbut Se-Jakarta Pergi Umrah

Mochamad Zhacky - detikNews
Gubernur Anies Lepas 147 Marbut Se-Jakarta Pergi Umrah Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melepas 147 marbut berangkat umrah, Kamis (7/12/2017). (Mochammad Zhacky/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan secara resmi melepas 147 marbut masjid dan musala umrah ke Tanah Suci Mekah, Arab Saudi. Proses pelepasan diakhiri dengan foto bersama Anies dengan para marbut.

Pantauan di lokasi, Balai Kota, Jl Medan Medeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (7/12/2017), para marbut berkumpul di pelataran pendapa sekitar pukul 14.10 WIB. Mereka membentuk barisan untuk berfoto bersama Anies.


Saat foto, Anies berdiri di barisan terdepan di tengah-tengah marbut. Karena jumlah marbut banyak, sesi foto dibagi menjadi tiga tahap.

Anies mengenakan baju batik warna dasar ungu, peci, dan celana hitam. Mantan Mendikbud itu semringah saat difoto.

Salah satu marbut, Mudri (40), girang dan tak menyangka bisa menunaikan umrah. Sebab, marbut Masjid At-Takwa, Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, itu tidak mengeluarkan uang sepeser pun untuk berangkat ke Tanah Suci.

Salah seorang marbut yang dapat kesempatan umrahSalah seorang marbut yang mendapat kesempatan umrah (Mochammad Zhacky/detikcom)


"Saya dikasih kabar sama pengurus masjid, suruh bikin data-data. Alhamdulillah diterima. Girang, nggak mimpi, tahu-tahu dapat umrah, keluarga mendukung, pasti," kata Mudri saat diwawancarai.

Mudri mengatakan sudah mempersiapkan diri untuk umrah. Salah satu yang disiapkan adalah obat-obatan. Mudri masuk kelompok terbang (kloter) pertama yang akan terbang pada Sabtu (9/12) nanti.

"Kadang saya susah tidur, terharu saya. Kalau persiapan, saya yang utama bawa obat dari sini. Karena di sana mereknya lain," terang Mudri.


Sebagai informasi, 147 marbut diberangkatkan menggunakan dan hibah APBD 2017 kepada Dewan Masjid Indonesia Provinsi DKI Jakarta. Pemprov DKI Jakarta memberikan hibah Rp 12,9 miliar.

Para marbut tersebar dari lima kota madya dan satu kabupaten di Jakarta. Perinciannya, 25 orang dari masjid dan musala di kawasan Jakarta Pusat, 12 orang dari Jakarta Utara, 38 orang dari Jakarta Barat, 35 dari Jakarta Selatan, 35 dari Jakarta Timur, dan 1 orang dari Kepulauan Seribu.

Keberangkatan para marbut itu dibagi menjadi dua kloter, yakni pada Sabtu (9/12) dan Minggu (10/12).
(jbr/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed