Polisi akan Kroscek Keterangan Hilman ke Novanto soal Posisi Duduk

Faiq Hidayat - detikNews
Kamis, 23 Nov 2017 15:00 WIB
Setya Novanto (Foto: Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Polisi ingin mengetahui keterangan Setya Novanto terkait kecelakaan mobil yang dialaminya. Salah satu yang dicek yaitu terkait posisi duduk Novanto.

"(Setya Novanto duduk di sebelah) belakang sebelah tengah kiri. Makanya pertanyaan ini kita pastikan juga pertanyaan ini ke beliau," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Halim Pagarra di KPK, Jalan Kuningan Persada, Jakarta Selatan, Kamis (23/11/2017).


Menurut Halim, berdasarkan olah tempat kejadian perkara (TKP), kecepatan mobil Fortuner yang membawa Novanto itu di angka 50 km/jam. Setelah itu, mobil menabrak trotoar sehingga kecepatan mobil yang dikemudikan Hilman Mattauch mulai turun.

"Ada beberapa keterangan yang disampaikan masalah peristiwa diuraikan bahwa pada saat itu (Hilman) menggunakan HP (handphone/telepon seluler) kemudian menengok ke belakang sehingga hilang keseimbangan dan menabrak trotoar jadi sebelum menabrak trotoar ini menurut hasil olah TKP itu 50 km per jam. Kemudian menabrak trotoar menjadi 38 km per jam, kemudian menabrak pohon setelah itu 21 km per jam menabrak tiang listrik," jelas Halim.

Selain itu, Halim menyatakan pemeriksaan saat ini juga untuk mengonfirmasi apa yang diketahui kecelakaan itu. Namun polisi perlu menanyakan kondisi kesehatan Novanto terlebih dahulu.


"Sebenarnya ada pertanyaan wajib bagaimana dia apakah dalam keadaan sehat, siap diperiksa, didampingi oleh pengacara dan juga apa yang diketahui beliau yang dia lihat itu yang akan kita tanyakan," kata Halim.

Saat ini polisi masih memeriksa Novanto di gedung KPK. Pengacara Novanto, Fredrich Yunadi dan Otto Hasibuan, juga turut mendampingi pemeriksaan atas kecelakaan tersebut.

(fai/dhn)