Kata Pelapor Kaesang Soal Status Tersangkanya di Kasus Hate Speech

Jabbar Ramdhani - detikNews
Rabu, 05 Jul 2017 18:13 WIB
Salah satu aksi Kaesang Pangarep saat ngevlog (Foto: Screenshot Youtube Kaesang)
Jakarta - Kapolres Metro Bekasi Kota Kombes Hero Hendrianto Bachtiar menyebut pelapor Kaesang Pengarep yang merupakan anak bungsu Presiden Joko Widodo yaitu Muhammad Hidayat berstatus tersangka dalam kasus dugaan ujaran kebencian (hate speech) di Polda Metro Jaya. Hidayat enggan mengomentari pernyataan tersebut.

"Jika didengar langsung dari Kapolres, minta keterangan dari Kapolresnya. Kalau saya sementara ini no comment. Tanya langsung Kapolresnya biar jelas, atau ke Kapolda," kata Hidayat kepada detikcom, Rabu (5/7/2017).

Hidayat mengatakan jika kepolisian memberikan keterangan tidak dibuat-buat. Menurutnya keterangan dari pihak kepolisian sudah cukup.

Baca juga: Pelapor Kaesang Ngaku Sudah Sering Bikin Laporan ke Polisi

"Tanya saja polisi yang beri keterangn itu. Jadi minta saja ke polisi bagaimana keterangan lengkapnya. Kan polisi kalau beri keterangan tidak mengarang-ngarang. Jadi sudah cukup itu kalau ada keterangan dari kepolisian," ungkapnya.

Terkait pelaporan yang dibuatnya, Hidayat mengatakan tidak ada latar belakang khusus yang mendasarinya. Menurutnya, laporan tersebut dibuat sebagai sebuah kewajiban seorang warga negara yang mengetahui adanya dugaan pelanggaran pidana.

Baca juga: Polisi: Pelapor Kaesang Berstatus Tersangka Ujaran Kebencian

"Tidak ada latar belakang, hanya kepedulian aja. Siapapun warga negara yang mengetahui adanya tindak perbuatan pidana, wajib melaporkan ke yang berwajib. Itu saja sudah," ujarnya.

Hidayat melaporkan Kaesang atas dugaan ujaran kebencian terkait video blog (vlog) yang diunggahnya ke Youtube. Kaesang dilaporkan ke Polres Metro Bekasi Kota dengan nomor polisi: LP/1049/K/VI/2017/Restro Bekasi Kota. (jbr/fjp)